Shutter speed merupakan lamanya waktu shutter / sensor pada kamera terbuka untuk menangkap objek yang akan di foto. hal ini sangat berkaitan dengan jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera. semakin cepat shutter speed kamera, maka sensor kamera akan menangkap lebih sedikit cahaya yang masuk ke sensor kamera. Sebaliknya, semakin lambat shutter speed pada sensor kamera maka semakin banyak cahaya yang akan masuk ke dalam sensor kamera.

Dalam dunia photography, kita bisa memanfaatkan kecepatan shutter speed yang ada dalam kamera untuk bisa menciptakan sebuah foto yang indah. teknik fotografi yang menekankan shutter speed sebagai teknik utama untuk bisa memotret foto yang indah yaitu teknik fotografi Low-speed fotografi. mari kita bedah satu satu untuk teknik berikut.

SLOW-SPEED PHOTOGRAPHY

Teknik slow shutter speed bisa disebut dengan istilah teknik SS. Garis besar untuk bisa menggunakan teknik ini adalah mendapatkan kecepatan rana yang rendah/lambat. saat menggunakan teknik ini, sangat disarankan untuk menggunakan tripod untuk bisa mendapatkan gambar yang fokus dan mengurangi resiko gambar menjadi goyang. Dalam teknik low speed ini, shutter kamera akan dibuka lebih lama agar kamera dapat menangkap cahaya yang lebih banyak.

berikut peralatan yang dapat menunjang kita untuk bisa mendapatkan hasil foto dengan menggunakan teknik slow-speed dengan sempurna.

1. Kamera
Tentu yang dibutuhkan paling utama adalah kamera, setting kamera anda sesuai dengan situasi dimana anda mengambil gambar usahakan settingan ISO jangan terlalu tinggi, bila settingan tinggi maka akan menimbulkan NOISE (bintik-bintik) pada hasil foto anda, Gunakan bukaan lensa terkecil ( >22). Lakukan pengambilan pertama kali dan rubah settingan kamera anda bila anda rasa kurang berkenan dengan hasil yang anda peroleh.

2. Lensa
Pada lensa, lensa terbaik untuk bisa mendapatkan gambar slow-speed bagus ialah menggunakan lensa wide dengan bukaan terbesar seperti contoh di f1.4 hingga bukaan terkecil f.22. Bukaan lensa ini untuk membantu kamera untuk bisa menekan cahaya yang masuk kedalam sensor kamera agar bisa terhindar dari over exposure pada saat pengambilan gambar.

3. Tripod
Tripod merupakan alat yang sangat penting ketika akan melakukan teknik slowspeed fotografi, dikarenakan pada teknik ini sensor kamera sangat peka terhadap setiap gerakan yang ada dikamera. Nah oleh karna itu, untuk bisa meminimalisir guncangan pada kamera kita harus memakai tripod untuk alat menopang kamera.

Kapan waktu terbaik untuk bisa menggunakan teknik fotografi ini?kapan saja. dikarenakan dengan menggunakan teknik slow speed ini, dapat menjadikan berbagai efek fotografi yang beragam. Seperti contoh, penggunaan teknik slow-speed ini bisa digunakan untuk memotret jalanan yang ramai dengan cahaya kendaraan yang lalu lalang. Dengan menggunakan teknik ini kita sebagai fotografer dapat mendapatkan efek light trail/ jalur cahaya yang cukup indah dimalam hari. Dengan efek seperti itu, seakan lampu lampu kendaraan yang berjalan akan menyatu dan memanjang seolah seperti bayangan.

Berikut contoh foto yang menggunakan teknik slow speed.

Berikut tulisan saya tentang teknik Low Speed fotografi, Mulai sekarang kamu dapat membuat foto yang lebih menarik. Ambil kameramu dan mulai hunting foto, yuk!