Novanji Akbar Putra Samudra

-1 Multimedia Broadcasting A-

-5120500025-

Shutter Speed atau biasanya disebut dengan kecepatan Rana. Shutter Speed merupakan bagian dari salah satu elemen pembentuk segitiga eksposure. Segitiga Eksposure adalah aperture, shutter speed dan ISO. Masing-masing elemen ini saling terkait dalam mempengaruhi cahaya yang masuk mencapai sensor kamera untuk merekam foto, disebut juga dengan exposure. Shutter Speed merujuk kepada berapa lama shutter kamera terbuka, dan mengijinkan cahaya untuk mengenai sensor yang terdapat didalam kamera. Shutter Speed merujuk pada jangka waktu shutter kamera terbuka untuk memaparkan cahaya ke dalam sensor kamera. Anda dapat sepenuhnya mengendalikan, bagaimana anda ingin menangkap subjek yang bergerak.

Shutter speed yang digunakan cepat maka dapat membantu membekukan, Membekukan disini adalah Ketika kita menggunakan shutter speed yang tinggi,  maka gerakan objek itu bisa seakan terhenti atau beku (motion freeze), contohnya ketika kita memotret  benda yang dilempar keatas lalu di foto yang kita hasilkan kita bisa melihat benda yang melayang di udara terhenti, atau seolah diam, seperti menghentikan waktu suatu kejadian yang kita ambil menggunakan kamera. Shutter speed tinggi biasanya digunakan saat kita mengambil foto objek yang mobilitas gerakannya cepat seperti kendaraan, olahraga Lari, Sepak Bola, dan lain – lain.

Dalam menggunakan shutter speed tinggi dalam memotret yaitu kita tidak perlu menggunakan alat tambahan seperti tripod untuk mengambil gambar, gambar akan tetap tajam meskipun gambar yang di ambil adalah objek yang bergerak, dan meskipun tangan kita mengalami tremor atau gemetar, kita tidak perlu kawatir jika gambar mengalami blur atau kurang tajam. Untuk mendapatkan foto yang lebih tajam, kita dapat terus mencoba dan berlatih. Setelah mengatur kecepatan shutter, Maka dari itu kita harus sering berlatih dan mencoba untuk memotret, agar kita selalu terbiasa untuk menangkap moment unik yang tidak bisa kita ulangi untuk kedua kalinya.

Berikut adalah contoh gambar menggunakan shutter speed tinggi :

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest