Komposisi fotografi merupakan kumpulan para elemen dalam sebuah frame foto. Setiap fotografer memakai teknik dengan objek utamanya berbeda-beda atau nuansanya beragam, tergantung elemen pendukung di dalamnya. Komposisi bisa dimaksud sebagai metode menata elemen-elemen dalam foto , elemen-elemen ini mencakup garis, bentuk, warna , serta gelap terang. Yang paling utama dari aspek komposisi yaitu menciptakan visual impact (keahlian untuk menyatakan  perasaan yang kalian inginkan untuk berekspresi dalam foto)

Salah satu komposisi dari fotografi adalah komposisi simetri. Makna simetri, menurut KBBI, merupakan seimbang (tentang wujud, dimensi, dan sebagainya) serta selaras. Suatu yang simetris ataupun suatu yang mempunyai pola secara universal memanglah memanjakan mata.

Salah satu pokok berarti dalam pembelajaran fotografi yaitu mengetahui bagaimana metode mencari serta memotret simetri. Hal ini  berkaitan dengan bagaimana melatih kejelian mata kita disaat akan mengambil sudut foto dalam sebagian wujud. Akan tetapi, sebelum kita lebih jauh mangulas mengenai metode mencari dan memotret simetri, perlu diketahui bahwa simetri dalam kaitannya dengan fotografi di sini dapat berwujud simetri rotasional yang mana merupakan suatu wujud dengan persamaan yang tetap saat diputar dan bilateral yang menggambarkan wujud gambaran dari setengah lainnya. Kita dapat memandang simetri sebagai pola, simetri bilateral misalnya adalah pola yang berulang dua kali.   Kita dapat memotret suatu yang simetris mau juga yang berpola buat menangkap atensi orang yang memandang. kemudian Apa yang diartikan dengan Ketentuan Simetri dalam fotografi?

Didalam komposisi fotografi, Ketentuan Simetri tercapai pada saat satu sisi foto menyeimbangkan maupun mencerminkan sisi yang yang lain. Apabila Kamu mendapatkan simetri pada subjek yang kamu bidik, tekankan dengan metode menempatkannya di bagian tengah sehingga fokus penonton langsung jatuh padanya.

Simetri menciptakan komposisi yang sangat menarik atensi sebab meningkatkan penyeimbang visual serta harmoni pada suatu foto. Hal ini merupakan salah satu metode yang sangat simpel serta sangat menarik untuk memastikan komposisi sesuatu foto.

Di sisi lain, dalam proses cara mencari dan memotret simetri ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena, mata kita umumnya akan tertarik pada visualisasi yang teratur di mana terkadang hal itu tak bisa didapatkan begitu saja. Maka dari itu, untuk mendapatkan titik fokus visual yang simetri, tentunya cara mencari dan memotret simetri patut untuk diketahui. Selain itu, dengan kita memahami cara tersebut maka secara tidak langsung kita akan bisa mendapatkan sudut pandang dari titik obyek yang lebih simetri sehingga hasil foto pun menjadi lebih tervisualisasi dengan baik.

 Berikut beberapa langkah untuk menerapakan cara mencari dan memotret simetri agar mendapatkan hasil visual foto yang berkualitas. Antara lain sebagai berikut :

  • Langkah pertama dalam menerapkan cara mencari dan memotret simetri  yakni dengan berdiri di pojok bangunan lalu mengambil gambar kedua sisinya untuk mendapatkan hasil bidikan foto yang lebih simetris dan manis. Namun,  tak semua bangunan memiliki bentuk yang simetris mengingat ada beberapa faktor, seperti unsur jendela atau ornamen yang berbeda atau malah cahayanya yang berbeda. Maka dari itu, dalam cara mencari dan memotret simetri kali ini sangat disarankan untuk memilih bangunan yang ukurannya dirasa ideal untuk mendapatkan foto yang lebih simetri.
  • Selain itu, mencari sudut simetri alami dari benda-benda di sekitar kita pun bisa dijadikan sebagai subyek foto dalam proses cara mencari dan memotret simetri. Dalam hal ini, sebagai contoh    bisa mencoba untuk memotret bunga dengan bentuk 3 sisi yang berukuran simetris. Tentu, cara mencari dan juga memotret simetri subyek foto alami yang satu ini bisa coba untuk diterapkan.
  •  Simetri Struktural, dalam hal ini lebih difokuskan memanfaatkan struktur yang nantinya kita sesuaikan dengan angle atau sudut pandang dari mana kita memotret.  

Simetri dalam komposisi fotografi dicapai ketika dua bagian gambar memiliki bobot yang sama. Hal ini  dikenal sebagai keseimbangan formal, atau keseimbangan simetris.

Selain dari beberapa langkah di atas, salah satu hal pokok yang penting yakni pengambilan sudut pandang atau angle saat akan memotret di mana hal ini bakal sangat berpengaruh pada hasil foto yang kita bidik.

Contoh – Contoh Foto Menggunakan Komposisi Simetri :