assalammualaikum wr wb.

nah kali ini kita akan belajar tentang sebuat STATEMENT PENENTU KEPUTUSAN. Wagelase hhhh keren banget ngak sih pembahasan kita kali ini. nah materi ini bertujuan agar kita dapat mempelajari dan mengamati penggunaan statement penentu keputusan yaitu statement if-else. Dapat memanfaatkan statement if-else untuk membuat proses perulangan yaitu dengan dikombinasikan dengan statemen goto-label.  Selain itu, tujuan lain dari pembahasab statement penentu keputusan ialah agar kita mampu mempelajari statement if-else bersarang (nested if)serta  mempelajari bentuk lain dari statment if-else yaitu statement else-if. Dan juga mempelajari penggunaan switch-case sebagai alternatif pengganti dari statement else-if.

hSebelum itu, kalian tahu ngak sih statement penentu keputusan digunakan untuk apa? terus bagaimana sih cara kerjanya?nah kalau mau tau lebih lanjut yuk simak pembahasan dibawah ini:

jadi,Statement if-else digunakan untuk menentukan pilihan dari suatu kondisi yang diberikan. cara kerjanya adalah melakukan perbandingan menggunakan relational operator dan/atau logical operator, apabila kondisi terpenuhi (benar) maka akan mengerjakan proses A dan apabila kondisi tidak terpenuhi (salah) maka tidak akan mengerjakan proses A atau juga dapat mengerjakan proses yang lain. statement else-if adalah cara lain dari bentuk if-else, yang digunakan untuk menentgukan satu kondisi yang benar dari beberapa kondisi yang tersedia.  statement switch-case adalah bentuk lain dari statement else-if, dengan mendaftar kondisi secara vertical dalam satu kolom sehingga memudahkan dalam evaluasi program.

gimana nih, kalian paham atau semakinn bingung ngak karuang? hehehe.

lumprah kok ketika kita masih bingung dengan sesuatu ketika kita belum mempraktekannya, nah selanjutnya saya akan memberikan contoh-contoh pengaplikasian statement penentu keputusan.

  1. Membuat program untuk menentukan bilangan ganjil atau bilangan genap.Jawab :

#include<stdio.h>

main()
{
int x, sisa;

printf(“Masukan bilangan bulat:”);
scanf(“%d”, &x);

sisa= x%2==0;
if(sisa)
printf(“%d adalah bilangan GENAP”, x);
else
printf(“%d adalah bilangan GANJIL”, x);

}

Lalu, menekan ikon ‘Build and run’ untuk menjalankan program tersebut. Jika penulisan struktur program tersebut sudah benar maka program akan berjalan seperti pada gambar dibawah

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
          
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

 

2.Membuat program untuk menentukan suatu kelompok karakter yang dimasukkan dalam keyboard. Kelompok karakternya adalah huruf kecil, huruf besar, angka dan karakter khusus.

Jawab

#include<stdio.h>

main()
{
char c;

printf(“Masukan suatu karakter:”);
scanf(“%c”, &c);
if (c>= ‘a’ && c<=’z’)
printf(“\nKarakter tersebut termasuk huruf KECIL.\n”);
if (c >= ‘A’ && c<= ‘Z’)
printf(“\nKarakter tersebut termasuk huruf BESAR.\n”);
if (c>= ‘0’ && c<=’9′)
printf(“\nKarakter tersebut adalah ANGKA.\n”);

}

Lalu, menekan ikon ‘Build and run’ untuk menjalankan program tersebut. Jika penulisan struktur program tersebut sudah benar maka program akan berjalan seperti pada gambar dibawah

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
      
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

3.  Membuat kalkulator sederhana. Program harus memungkinkan user untuk mengetik ekspresi dengan bentuk seperti pada buku praktikum pemrograman bahasa C

#include<stdio.h>
main ()
{
int z=1;
float s,bil,hsl;
char op,c;
printf (“Program kalkulator sederhana\n”);
printf (“Masukkan angka untuk dihitung \n”);
printf(“contoh = ‘7 S’ \n”);
printf(“\nMulai perhitungan =\n”); scanf(“%f %c”,&bil,&op);
if (op==’S’){printf(“\n=%.2f”,bil);}
mulai :
getch ();
printf(“\nMasukan nilai dan operator = “);
scanf(“%f %c”,&s,&c);
if(c==’*’){hsl=bil*s;}
else if(c==’/’){hsl=bil/s;}
else if(c==’-‘){hsl=bil-s;}
else if(c==’+’){hsl=bil+s;}
else if(c==’E’){goto end;}
else {z=0;}
if(z){printf(“\n%.2f %c %.2f\t=\t%.2f”,bil,c,s,hsl);goto mulai;}
else {printf(“\noperator salah”);goto end;}
end:
printf(“\nAkhir perhitungan”);
getch();
}

Lalu, menekan ikon ‘Build and run’ untuk menjalankan program tersebut. Jika penulisan struktur program tersebut sudah benar maka program akan berjalan seperti pada gambar dibawah

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

4. Membuat program untuk menentukan suatu tahun kabisat atau bukan yang dimasukan melalui keyboard. dimana tahun dibatasi mulai dari tahun 1900 sampai dengan tahun 2005.

#include<stdio.h>
main()
{
int d, hasil;
printf (“PROGRAM MENENTUKAN TAHUN KABISAT”);
printf (“\nMulai tahun 1990-2005”);
printf (“\nMasukkan Tahun : “); scanf (“%d”,&d);
hasil = d%4;
if (hasil==0) printf (“tahun %d termasuk tahun kabisat”,d);
else printf (“Tahun %d bukan termasuk tahun kabisat”,d);
}

Lalu, menekan ikon ‘Build and run’ untuk menjalankan program tersebut. Jika penulisan struktur program tersebut sudah benar maka program akan berjalan seperti pada gambar dibawah

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

5. membuat program untuk menghitung determinan(D) dan mencari akar akar dari persamaan kuadrat : Ax2+Bx+C =0

#include<stdio.h>
#include<math.h>>
main()
{
float a,b,c,d,e,x1,x2,x3,x4;
printf (“program untuk menghitung determinan”);
printf (“\nMasukkan persamaan\n”);
printf (“Masukkan nilai a = “); scanf(“%f”,&a);
printf (“\nMasukkan nilai b = “); scanf(“%f”,&b);
printf (“\nMasukkan nilai c = “); scanf(“%f”,&c);
d = (b*b) – 4*a*c;
e =-b/2*a;
x1= (-b+(sqrt(d)))/(2*a);
x2= (-b-(sqrt(d)))/(2*a);
x3= (-b+(sqrt(d)))/(2*a);
x4= (-b-(sqrt(d)))/(2*a);
if (d == 0) {printf(“nilai d=0 maka akar-akarnya kembar yaitu x1=x2 = %.2f”, e);}
else if (d >0)
{printf(“nilai d =%.2f maka akar-akarnya yaitu x1 = %2f dan x2=%2f”,d, x1,x2);}
else printf (“nilai d=%f maka akar-akarnya imaginer berlainan,yaitu x1=%.2f dan x2=%.2f “, d,x3,x4);
getch();
}

Lalu, menekan ikon ‘Build and run’ untuk menjalankan program tersebut. Jika penulisan struktur program tersebut sudah benar maka program akan berjalan seperti pada gambar dibawah

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Nah itu tadi adalah pengaplikasihan dari pembahasan kita kali ini.

semoga bermanfaat dan sampai jumpaaaaaaaa….