• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hallo guys, kembali lagi bersama aku Savelacitra mawar putri yang akan sharing sedikit tentang teknik fotografi. Pernah nggak sih kalian denger light painting? Apa sih light painting?

Light painting atau melukis foto dengan cahaya.

Light painting dibuat dengan merekam jejak cahaya yang dibuat, sehingga akan membentuk suatu pola yang diinginkan.Dengan spek kamera smartphone zaman sekarang, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus seperti hasil jepretan DSLR  bukanlah hal yang sulit.

Teknik  ini dilakukan dengan memanfaatkan shutter speed pada menu manual kamera sehingga lensa kamera akan merekam pola cahaya.

Dan akhir –akhir ini dunia fotografi sering diperbincangkan di dunia maya. Banyak fotografer pemula yang menggunakan smartphone mereka untuk memotret. Apalagi dalam smartphone ada beberapa fitur-fitur yang sama seperti DSLR.

Cara membuat light painting dilakukan dengan menggunakan setting manual pada kamera smartphone.

Lakukan langkah setting pada shutter speed, aperture, dan ISO sebagai berikut:

  1. Atur shutter speed dengan mode blub atau atau menggunakan 10-30 detik pada setting ini. Shutter speed ini sendiri adalah mengatur seberapa lama sensor kamera terbuka. Sehingga semakin lama sensor kamera terbuka maka sensor kamera akan semakin banyak merekam.
  2. Atur aperture di f/8-f/11, setting aperture ini berfungsi untuk menangkap cahaya pada kamera. Seberapa banyak sedikitnya cahaya yang diterima oleh sensor kamera saat mengambil gambar.
  3. Atur ISO di 100-200, ISO sendiri berfungsi mengatur sensitivitas cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Setting pada ISO berfungsi menghindari noise cahaya saat pengambilan gambar, agar kualitas foto menjadi bagus

Sebelum membuat Light Painting siapkan dulu alat-alatnya, yaitu tripod sebagi penyangga smartphone agar tidak berubah posisi saat pengambilan gambar. Jangan lupa siapkan senter mainan atau senter biasa untuk menggambar cahanyanya. Tambahkan cahaya pada background sehingga lukisan cahaya terlihat nyata.