Sebenarnya ada banyak teknik pecahayaan dalam fotografi seperti Low Key Lighting, High Key Lighting, Cross Lighting, dan Cahaya Berwarna. tetapi disini saya akan membahas lebih dalam teknik pencahayaan Low Key Lighting. Sebenarnya apa itu teknik Low Key Lighting? Low Key Lighting merupakan teknik pencahayaan fotografi dengan menggunakan cahaya yang redup, dan hanya sedikit bagian yang terang. Sebenarnya pada teknik low key lighting ini tidak harus menggunakan sedikit pencahayaan, tetapi juga bisa menggunakan banyak pencahayaan dengan menggunakan alat fotografi seperti reflector atau juga bisa menggunakan cermin, tujuannya untuk mengangkat detail dari beberapa bagian pada obyek foto.

Salah satu karakter dari Low Key Lighting dengan ditunjukkan dengan histogram gambar dibawah, dan dari teknik ini menciptakan nuansa yang misterius.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cara memotret dengan low key adalah mempersiapkan Iatar belakang yang bernuansa gelap, seperti hitam atau warna gelap lainnya. Pengaturan exposure tidak harus di nol, tapi justru agak digelapkan supaya suasana gelapnya lebih kentara. Untuk teknik low key ini dapat dimulai dengan menggunakan satu sumber pencahayaan dan latar belakang kain hitam atau wama lain yang gelap berwarna tua. Untuk portraiture, subyek/model mengenakan pakaian hitam atau warna gelap (Low Key Photography juga dikenal dengan istilah Black on Black). Tujuannya untuk mengutamakan wajah subyek/model kita “muncul” pada foto. Untuk pemotretan portrait low key, biasanya rintangannya adalah mengarahkan cahaya ke bagian yang bagus dan membatasi cahaya untuk tidak menerangi hal-hal yang tidak diinginkan. Pose dan ekspresi subjek juga menentukan keberhasilan foto low key. Perlu komunikasi dan kerjasama antara fotografer dan subjek foto yang baik untuk menghasilkan foto low key yang menarik. Dalam Low Key Lighting Photography, teknik Single Lighting ini dapat dikembangkan dengan menambahkan lampu untuk menyinari rambut atau bagian dari tubuh subyek/model kita untuk memisahkannya dengan latar belakang (hair light atau rim light).

Berikut ini adalah contoh foto menggunakan teknik low key lighting.