Gambar mungkin berisi: 1 orang, anak dan dekat
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
High Key Lighting

High key lighting adalah foto yang secara garis besar memiliki tone yang terang. Foto high key banyak digunakan untuk foto keluarga, foto kecantikan (beauty), foto anak dan bayi.

Di dalam foto pemandangan, foto high key sering kita jumpai saat memotret salju atau saat berkabut. Cara memotret high key lighting adalah memilh latar belakang atau baground yang merata akan membuat hasilnya menjadi lebih terang. Peletakan lampu untuk membuat background mendapatkan penerangan merata bisa digunakan pada high key lighting.

Baground yang dimaksud yaitu berwarna cerah seperti putih, atau warna terang seperti kuning. Untuk portrait, warna pakaian dan aksesoris juga harus disesuaikan. Foto-foto high key memiliki sedikit atau sama sekali tidak memiliki shadow dan kurang kontras, objek ditampilkan dalam warna yang terang dan hampir sama dengan backgroundnya. Ada sedikit middle tone dan seringkali tone warnanya hampir sama pada keseluruhan gambar. Salah satu objek high key lighting yang bagus adalah potret orang, objek difoto dengan latar belakang putih dan biasanya memakai baju putih atau yang berwarna terang.

Salah satu karakter dari high key lighting ditunjukkan dengan histogram yang lebih banyak pada bagian terang (highlight). Teknik pencahayaan yang menghasilkan warna sangat kontras yang di dominasi oleh warna terang membuat kesan yang dihasilkan adalah bersih, putih, suci, lembut. Foto-foto high key lighting cenderung ringan dan terang, dan dianggap positif. Untuk membuat foto high key lighting, anda membutuhkan cahaya yang sangat lembut yang menerangi objek dan latar belakang secara merata. Anda tidak dapat membuat foto high key lighting jika latar belakang lebih gelap dari objeknya.

Biasanya tantangan yang ditemui di foto high key adalah kita harus benar-benar pintar dan kreatif dalam mengarahkan pose dan gaya. Dengan komunikasi yang baik, kita bisa mendapatkan ekspresi atau momen-momen menarik yang tak terduga. Sehingga orang tidak melihat detail dari model itu. Untuk hasil foto high key yang lebih bagus, gunakan artificial light (cahaya buatan) seperti dengan menggunakan flash external. Paling sesuai biasanya untuk fotografi produk, kosmetik, dan jenis foto yang memerlukan penguatan pada produk.