Jika sebagian orang beranggapan bahwasanya hasil foto terbaik hanya bisa didapatkan pada siang hari, tentu saja hal ini tidak benar. Seni memotret di malam hari rupanya juga dapat menghasilkan jepretan fotografi yang menarik. Meski dalam kondisi minim cahaya, masih ada beberapa teknik dalam foto yang yang baik digunakan saat matahari sudah terbenam. Memotret pada malam hari itu merupakan salah satu jenis fotografi yang keren. Mengapa? Karena disitulah kita belajar untuk menciptakan gambar yang dramatis, luar biasa, serta menyenangkan yaitu dengan memanfaatkan nuansa malam yang indah, seram, dan romantis.

Fotografi malam hari bisa sangat menantang bagi pemula. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk memanipulasi ISO, aperture, kecepatan rana dan teknik lainnya. Maka dari itu, teknik editing foto yang baik juga bakal membantu hasil gambarnya kelak. Terdengar susah, namun jangan pernah jadikan kondisi itu sebagai penghalang Anda berkarya di malam hari. Setelah mempelajari dasar-dasarnya, Anda akan mengetahui bahwa fotografi malam benar-benar menyenangkan. Tantangan yang dirasakan, bakal sangat seru untuk dijalani!

Terdapat beberapa teknik pencahayaan yang dapat diterapkan pada saat kalian melakukan hunting  di malam hari, salah satunya adalah Bottom Light atau Base Light yakni  cahaya yang berasal dari bawah objek. Pada umumnya digunakan sebagai cahaya pengisi dari arah depan. Fungsi dari bottom light adalah untuk mengurangi kontras yang berasal dari cahaya utama. Pencahayaan seperti ini lebih sering digunakan dalam pemotretan still life.

Ketika mengambil objek dengan pencahayaan dari arah bawah atau bottom light , biasanya fotografer akan meletakkan cahaya utama dari bawah Table Top. Pada pemotretan dengan teknik ini, fungsi cahaya ini dapat digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan bayangan pada objek foto.

Pencahayaan mempunyai peranan yang penting untuk pengambilan gambar. Selain kualitas cahaya, seorang fotografer juga harus memperhatikan arah serta efek yang dihasilkan dari sebuah sumber cahaya. Berikut merupakan hasil hasil foto menggunakan teknik Base Light. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?