Apa itu teknik dua sisi?

Sebelum membahas tentang teknik dua sisi, saya akan menjelaskan mengenai teknik pencahayaan. Teknik pencahayaan adalah bagaiman cara mengatur cahaya agar memperoleh efek cahaya yang diharapkan. Bagus tidaknya penataan pencahayaan sangat mempengaruhi hasil akhir sebuah foto. Dalam teknik pencahayaan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar bisa menghasilkan foto yang bagus, yaitu: tata letak lampu, pose model, serta jatuhnya cahaya dan bayangan.

Ada banyak teknik pencahayaan yang ada dalam dunia fotografi, antara lain: split lighting, flat lighting, broad lighting, short lighting, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang salah satu teknik pencahayaan yaitu, split lighting.

Split lighting adalah sebuah teknik pencahayaan dimana sebagian wajah model terbagi menjadi dua bagian. Ada yang masuk ke bagian yang terdapat cahaya, dan yang lainnya masuk dalam bayangan. Teknik ini sering digunakan untuk menghasilkan foto yang dramatis dan menunjukkan karakter wajah yang kuat seperti potret seorang musisi atau seniman. Split lighting cenderung menjadi pola yang lebih maskulin dan sepertinya lebih sesuai atau berlaku pada laki-laki daripada perempuan. Namun, tentu saja siapapun boleh menjadi model.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang terbagi atau split, posisi lampu atau cahaya harus berada di samping model. Dengan menempatkan sumber cahaya 90 derajat ke kiri atau kanan model, maka teknik pencahayaan split lighting ini akan terbentuk. Pose dari model juga bisa mempengaruhi hasil foto. Dalam teknik split lighting ini akan lebih baik jika wajah model menghadap ke depan alias menghadap kamera.

Dalam teknik split lighting yang benar, pada bagian wajah model akan terbentuk sebuah garis horizontal yang membagi wajah model menjadi dua. Dua sisi tersebut terdiri atas sisi terang atau sisi yang terkena sorotan cahaya, dan sisi gelap atau sisi yang tidak terkena sorotan cahaya.

Berikut ini merupakan hasil foto menggunakan teknik split lighting yang diambil menggunakan kamera smartphone.

Dari kedua foto diatas, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan tingkat kecerahan antara sisi kanan dan sisi kiri model.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!