Fotografi merupakan hal yang tidak asing lagi di era milenial saat ini. Dalam fotografi, terdapat berbagai macam teknik pencahayaan. Salah satunya adalah low key.  Apa sih teknik low key tersebut? Sederhananya, low key merupakan teknik pencahayaan dengan nuansa cahaya yang gelap. Foto yang menggunakan teknik ini hanya memiliki sedikit nuansa terang, warna-warna terang tersebut hanya muncul pada sebagian kecil saja. Jika ditunjukkan dengan histogram, maka sebagian besar kurva akan mengarah ke sebelah kiri atau ke arah shadow. Sedangkan histogram disebelah kanan dan tengah akan tampak rata atau muncul sedikit saja.

Teknik low key ini biasanya digunakan untuk memberikan nuansa misterius ataupun kesedihan ke dalam foto. Biasanya digunakan untuk foto duka, portrait misterius, atau tema foto yang menyeramkan (horror). Namun, juga tidak menutup kemungkinan teknik low key ini digunakan pada konsep yang lain. Tidak harus selalu horor ataupun yang berbau kesedihan, karena yang utama dari teknik low key ini adalah pada nuansa cahayanya yang sedikit.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dalam foto diatas, nampak objek bernuansa terang hanya pada sebagian wajah dan sedikit baju dari objek. Sedangkan bagian-bagian lain dari objek nampak gelap dan menyatu dengan bakcground yang berwarna hitam. Lalu bagaimana sih untuk menghasilkan foto dengan teknik low key ini? cara memotret low key adalah mempersiapkan latar belakang yang bernuansa gelap, seperti hitam atau warna tua. Pilihlah pakaian yang juga gelap seperti warna hitam. Pengaturan exposure tidak harus di nol, tapi justru agak digelapkan supaya suasana gelapnya lebih kentara.

Pada teknik ini, kita harus menghindari untuk menyinari background atau latar belakang. Background harus dipersiapkan gelap tanpa ada pencahayaan sedikitpun. Foto low key ini bisa dihasilkan hanya dengan menggunakan satu buah lampu saja. Kita bisa menggunakan aksesori yang menghasilkan penyebaran cahaya yang terarah seperti honeycomb atau snoot. Intensitas cahaya diatur tidak terlalu besar. Untuk pemotretan low key ini, biasanya tentangannya adalah bagaimana mengarahkan cahaya ke arah yang diinginkan dan membatasi cahaya untuk tidak menerangi hal-hal yang tidak diinginkan.