Ranah psikomotorik dikatakan sebagai faktor yang paling mempengaruhi perkembangan inovasi dan kreativitas manusia. Adapun salah satu teknologi yang telah dikembangkan untuk melatih ranah terkait, adalah aplikasi game berbasis webcam. Kendati demikian, teknologi ini memiliki kendala yakni terbatasnya interaksi yang bisa dilakukan dengan ruang 3 dimensi. Maka dari itu, kelompok peneliti melalui jurnal tersebut memperkenalkan sebuah pengembangan game psikomotorik, dengan menggunakan Teknologi Leap Motion.

Teknologi Leap Motion ini memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan ruang 3 dimensi. Selain itu, Metode Skeletal Tracking juga akan diterapkan untuk mengidentifikasi tulang dan jari pada tangan manusia. Adapun akurasi yang diperoleh adalah sebesar 96.5% dengan menggunakan peralatan Leap Motion. Teknologi yang digunakan pada peralatan Leap Motion akan melemahkan noise yang ditimbulkan oleh sinar matahari, dan memiliki toleransi jarak sebesar 20cm sampai 50cm dengan tangan pengguna.

Controller Leap Motion sendiri berbentuk USB kecil yang didesain untuk diletakkan pada sebuah physical desktop, dan menghadap ke atas. Dengan menggunakan dua buah kamera IR monokromatik dan tiga buah LED, peralatan Leap Motion akan mengamati suatu area hemispherical dengan jarak 1 meter. Selanjutnya, ada metode untuk mendeteksi dan mengidentifikasi tulang dan jari manusia, bernama Skeletal Tracking. Dengan model tangan manusia yang ada, software Leap Motion akan memprediksi posisi jari dan tangannya.

Arsitektur sistem yang menggambarkan sistem dari Leap Motion terdiri atas empat bagian yakni Input, Calibration, Process, dan Output. Input, merupakan rekaman gerakan jari pengguna oleh peralatan Leap Motion. Calibration, merupakan tahap yang harus dilakukan oleh pengguna, dengan tujuan untuk membaca node yang ada pada tangan yang dimodel. Selanjutnya, ada Process di mana pengguna harus mengatur sebuah blok ke dalam bentuk tertentu, kemudian melakukan pattern matching menggunakan metode symmetrical block. Yang terakhir adalah Output, yakni hasil dari Input dan Process berupa beberapa bentuk blok yang telah diatur tadi.

Daftar Pustaka

R. A. Pambudi, N. Ramadijanti and A. Basuki, “Psychomotor game learning using skeletal tracking method with leap motion technology,” 2016 International Electronics Symposium (IES), Denpasar, 2016, pp. 142-147, doi: 10.1109/ELECSYM.2016.7860991.