• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dunia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat baik dari segi media dan pembelajaran. Perkembangan yang pesat tersebut dapat memiliki manfaat yang positif apabila digunakan dengan baik dan benar. Saat ini banyak game atau media lain yang hanya memfokuskan dirinya sebagai media hiburan, namun di sisi lain game juga bisa menjadi media interaktif untuk pembelajaran. Oleh karena itu perlunya pengembangan dalam segi edukasi dengan menggunakan media interaktif  [1]. 

Penggunaan Board Game untuk edukasi sudah cukup banyak digunakan, metode ini digunakan karena penuh dengan kelebihan, mulai dari penyampaian materi menjadi lebih mudah, peserta didik juga bisa lebih nyaman dalam mengikuti pembelajaran dan banyak hal lainnya [2]. 

[3] Board game adalah permainan yang melibatkan bidak yang dipindahkan atau ditempatkan pada permukaan atau papan “yang ditandai sebelumnya”, sesuai dengan aturan yang ditetapkan sebelumnya. Baru-baru ini, permainan papan, yang menekankan penalaran serta pilihan strategi, memiliki potensi untuk penggunaan pendidikan (Huang, 2012). Salah satu board game yang diketahui oleh seluruh masyarakat dunia adalah permainan catur. Dalam catur, potongan-potongan yang meniru komandan dan prajurit dari tentara, dan mereka pertempuran di papan dengan menggerakkan mereka (Fukuda, 2013)

Board game juga bisa digunakan untuk media pembelajaran matematika pada anak anak. Penggunaan metode ini bisa membuat anak-anak semakin semangat untuk belajar banyak hal baru yang tentu saja disampaikan melalui permainan yang menarik. [4] Labirin Matematika merupakan salah satu contoh produk board game yang dikhususkan untuk anak anak SD yang bermanfaat sebagai media pembelajaran matematika yang sering kali dianggap menakutkan dan membosankan bagi anak anak tersebut.

Board Game merupakan sebuah hal yang baik untuk dilakukan, melihat metode belajar yang terlalu konvensional sudah sangat membosankan bagi beberapa kalangan. Maka dari itu, sebuah pembaharuan metode edukasi menjadi suatu hal penting untuk bisa diterapkan di masa depan

Daftar Pustaka 

[1] Maja Pivee. July Aspect of Game Based Learning, 2013. 

[2] Ni Made Ratminingsih. Implementasi Board Games Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Vol 24, No 1 (2018).

[3] Tri Afirianto. Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga), Vol. 3, No. 3, Maret 2019, hlm. 2425 -2435

[4] Hepsi Nindiasari (2009) Pengembangan Board Game Matematika Di Sd Negeri Wadasari, Kabupaten Serang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPAFakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009