Instagram Feed adalah fitur pertama yang sudah ada pada instagram. Fitur ini memiliki kelebihan tidak akan hilan selama apapun setelah mempostnya kecuali memang kalian sudah menghapusnya, apabila kalau hanya ingin disembunyikan kalian bisa pilih dan klik Arsip pada tombol kanan atas post feed kalian. Instagram feed juga sangat cocok untuk branding diri, para content creator harus bisa membuat identitasnya sendiri dan harus pintar menyusun strategi feed instagram mereka karena keseluruhan dari feed adalah visualisasi pertama suatu konten atau brand yang disajikan di mata audiens. Karena itu, instagram feeds juga sebisa mungkin harus dibuat berdasarkan strategi yang lebih kompleks daripada Instagram Stories.

Di minggu ke-4 kerja praktik saya, Instagram feed adalah tugas saya selanjutnya. Disini kembali lagi karena saya intenrship di sebuah perusahaan dengan jasa sosial media semua kebutuhannya harus disesuaikan dengan request client juga tentunya. Kali ini saya ditugaskan untuk membuat sebuah konten dari Bio Spray sebuah toko yang menjual obat spray yang memiliki begitu banyak manfaat.

Sebelum membuat konten dari Instagram Feednya tentu saya di briefing terlebih dahulu seperti biasa, mengenai tema, mood warna dan juga kegunaan dari produk ini saya harus melihat postingan sebelumnya pada Instagramnya dan juga membaca berbagai macam kegunaannya pada PPT yang sudah di sediakan. Untuk menyusun Instagram Feed ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,

  1. Tetap sesuai pada tujuan awal. Meskipun pembuatannya memakai kreativitas dan tidak ada yang salah dengan itu, tetapi kita juga harus memerhatikan point point penting yang sudah di awal agar tujuannya tetap tersampaikan dan juga berfungsi sebagai penarik audiens sebanyak-banyaknya.
  2. Mengikuti tren yang ada juga penting. Misal untuk tahun ini yang sedang trend adalah desain popm up kita bisa memadukannya dengan tema dari Instagram feed milik client.
  3. Tetap memerhatikan kebiasaan dari audiens, karena tak semua audiens yang dimiliki client sama. Misal untuk make up mayoritas client adalah wanita dan untuk otomotif mayoritas audiens adalah lelaki, maka dari itu kita harus bisa menempat desain kita sesuai audiens yang dimiliki dari produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.
  4. Pemilihan kata atau caption dengan apa yang ingin disampaikan pada feed harus relate atau berkaitan. Sebagai contohnya kebiasaan mereka dalam menyalakan suara saat scrolling agar informasi yang kalian sampaikan dapat tersampaikan karena di dalam postingannya mengandung informasi yang bersuara kita juga harus menginformasikannya melalui caption.

Setelah memerhatikan ketentuan-ketentuan di atas, saya jadi lebih memahami bahwa membuat Instagram feed tidak hanya soal desain tetapi juga kesinkronan data dari client. Untuk Bio spray sendiri nuansa biru serta putih dengan tulisan simple sangat menjadi ciri khas maka dari itu saya sebisa mungkin memasukkan unsur – unsur itu kedalam pembuatan feed.