Pada Oktober 2019 silam, saya berkesempatan untuk menikmati indahnya Kabupaten Trenggalek melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh kampus. Mungkin banyak dari kalian yang kurang tahu bahkan belum tahu sama sekali tempat apa saja yang sebenarnya menjadi ikon dari Kabupaten Trenggalek ini. Pada kesempatan kali ini, saya dimanjakan dengan keindahan dari Rumah Budaya Watulimo dan Pantai Prigi yang juga merupakan asset dari Kabupaten Trenggalek itu sendiri.

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian selatan dari wilayah Propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sebagian besar terdiri dari tanah pegunungan dengan luas meliputi 2/3 bagian luas wilayah. Namun tanpa disangka-sangka, Trenggalek juga dikelilingi oleh berbagai pantai nan indah, salah satunya Pantai Prigi.

Pantai Prigi merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dan terletak di daerah Kabupaten Trenggalek. Pantai yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dari pusat kota Trenggalek ini tetap saja ramai didatangi para wisatawan terutama pada saat liburan tiba. Buat kalian yang suka berwisata ke pantai saat liburan atau sekadar mengisi waktu luang, Pantai Prigi bisa banget nih dijadikan salah satu rekomendasi objek wisata untuk dikunjungi saat liburan mendatang.

Saat datang ke kawasan ini kalian akan disuguhkan dengan bibir pesisir yang cukup luas. Walaupun pasir pantainya hitam kecoklatan, tidak mengurangi keindahan dari kawasan ini. Pesonanya cukup cantik dengan ombak kecil tipis-tipis menghantam teluk menjadikan kawasan ini mempunyai pesona yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Keindahannya yang begitu lengkap dan kebersihannya yang benar-benar terjaga membuat ribuan wisatawan berbondong-bondong datang kesini setiap tahunnya.

Selain itu, saya juga diajak untuk merasakan kekentalan budaya khas Indonesia yang masih tertanam pada Rumah Budaya Watulimo. Rumah Budaya ini berfungsi sebagai wadah berlangsunya kegiatan usaha mikro kecil dan menengah. Tidak hanya itu, Rumah Budaya Watulimo juga menjadi tempat berlangsungnya berbagai kegiatan masyarakat, mulai dari aktifitas seni budaya seperti karawitan, campursari, seni tari, seni lukis, dan juga seni jaranan.