Oleh Thirza Vasthi P.

Saat mengalami kejenuhan setelah menjalani rutinias sehari-hari, anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi walaupun hanya sekedar refreshing, setidaknya anda bisa mendapatkan pengalaman baru. Apalagi untuk anda yang ingin mendatangi tempat yang baru tentunya. Salah satu yang ingin saya perkenalkan yaitu 3D Interactive Art Museum (I AM) atau lebih dikenal dengan nama Museum I Am Bali. Musium ini terletak di Denpasar, Bali yang menawarkan lukisan 3D. Salah satu yang menarik dari Museum I Am Bali adalah harga tiket masuk yang murah dan terjangkau, sehingga ketika anda sedang berliburan di Bali, museum ini bisa menjadi destinasi anda selanjutnya.

Lokasi museum ini sangat strategis di pusat kota Denpasar. Jika anda ingin mengagendakan dan mengemas tour di Bali maka museum ini wajib menjadi tujuan wisata anda selanjutnya. Tetapi mungkin anda sudah pernah mendengar atau bahkan menikmati salah satu lukisan di salah satu museum tiga dimensi di Bali, karena sebelumnya ada museum 3D bernama DMZ Bali yang berlokasi di pusat pariwisata, kawasan Legian. Namun anda tidak perlu khawatir, walaupun kedua museum ini  mempunyai tema  yang sama tetapi tampilan Musium I Am Bali berbeda karena adanya konsep baru yang menunjukkan tampilan yang lebih spesial dan menarik sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan.

Museum 3D I Am Bali ini resmi dibuka pada tanggal 22 Agustus 2016, sehingga masih tergolong tempat wisata baru. Lokasinya yang strategis di pusat kota Denpasar membuat pengunjung atau wisatawan lebih gampang untuk mengaksesnya. Lebih menariknya lagi museum ini merupakan salah satu museum lukisan 3D terbesar di pulau Bali, bahkan untuk sementara ini diklaim yang terbesar di Indonesia sehingga Museum 3D ini melengkapi daftar destinasi wisata di kota Denpasar yang bisa anda kunjungi.

Untuk lokasi Museum I Am Bali tepatnya terletak di lantai bawah Monumen Bajra Sandhi jalan raya Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar. Monumen Bajra Sandhi sendiri menjadi salah satu objek wisata populer di kota Denpasar. Monumen ini berdiri megah di antara lapangan hijau yang menjadi tujuan warga kota untuk bersantai ataupun olah raga ringan yang terkenal sebagai kawasan car free day pada hari Minggu, sehingga dalam satu area anda bisa menikmati berbagai jenis kegiatan wisata. Tempat wisata ini ideal untuk keluarga, anak-anak dan terutama golongan muda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Salah satu tampilan di tempat wisata ini, menurut penuturan petugas adalah hasil karya anak bangsa diantaranya adalah warga Bali sendiri, sehingga kita patut bangga dengan hasil karya tersebut, apalagi kita bisa menikmati hasil karya seninya. Kelebihan lain yang dimiliki Museum 3D I Am Bali selain yang terbesar juga menyuguhkan ruangan spesial, yakni ruangan terbalik (upside down) dan ruangan miring. Untuk koleksi lukisan 3D yang ditampilkan terdapat sekitar 105 lukisan dengan tema-tema beragam seperti tokoh-tokoh ternama, binatang, kartun, fantasi, suasana alam termasuk diantaranya menyelipkan budaya lokal seperti ogoh-ogoh.

Musium I Am Bali Denpasar akan menjadi tempat istimewa untuk liburan keluarga, karena disini anda bisa menyaksikan dan menyatu dengan lukisan-lukisan tiga dimensi yang ada. Anda juga bisa memilih berbagai jenis lukisan yang disediakan, salah satunya di ruangan dengan desain terbalik atau upside room yang menyediakan effect-effect khusus untuk tampilan gambar yang penuh akan sensasi seperti anda berada pada ruangan terbalik seolah melawan gaya gravitasi. Sama halnya pada saat anda berjalan miring atau dengan tampilan seolah seperti manusia laba-laba. Selain itu juga adanya ruangan yang bisa menampilkan seolah anda menjadi seorang illusionis, ruang menyeramkan dan magical board (skate borad miring) yang cukup untuk menarik perhatian pengunjung tentunya. Semua yang ada di museum ini benar benar akan mengisi wisata anda dengan mengasyikkan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Museum 3D Interactive Art Museum (I AM) Bali memang tampil atraktif, didesain modern tampil indah, nyaman dan menyenangkan. Untuk memasuki objek wisata ini anda tidak diperkenankan memakai alas kaki, hanya memakai kaos kaki (atau beli kaos kaki di tempat), karena selain membuat lantai kotor, juga bisa membuat lantai ataupun lukisan tersebut lecet atau rusak. Dengan menggunakan kaos kaki, kaki andapun akan terjaga kebersihannya. Bagi anda yang suka wisata foto bisa agendakan tour anda ke tempat ini untuk menambah koleksi foto anda. Karena tempat ini cukup instagramable.

Di dalam ruangan museum 3D ini sudah terdapat banyak petugas yang bisa membantu mengarahkan dalam pengambilan gambar atau foto. Selain ruangan nyaman ber-ac, sudah tersedia juga contoh contoh cara pengambilan foto termasuk angel atau posisi pengambilan gambar. Tour dan wisata ke tempat museum 3D di Denpasar ini, akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ketika berkunjung ke museum 3D I Am Bali di Denpasar yang berkaitan erat dengan fashion dan pengambilan gambar atau foto saat anda berada pada sebuah lukisan, dengan kata lain sebagai wisata fotografi sehingga sebuah keharusan untuk membawa kamera sendiri. Perlu diperhatikan juga penampilan atau fashion maupun juga ekspresi wajah anda dalam pengambilan gambar, sehingga anda bisa terlihat menyatu dengan lukisan-lukisan tiga dimensi yang ada dan menghasilkan foto yang bisa lebih memuaskan.

Untuk kedepannya diharapkan museum 3D di Denpasar Bali ini akan menampilkan inovasi-inovasi baru dan selalu ada sensasi lain saat berkunjung ke museum I Am Bali sehingga tidak akan membosankan. Selesai melakukan kunjungan anda bisa bersantai di ruang depan sambil menikmati makanan dan minuman atau membeli oleh oleh sebagai buah tangan yang disediakan di gift shop.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Catatan

Tiket Masuk Ke Museum 3D I Am Bali Di Denpasar

  • Warga lokal (KTP Bali): Rp 50.000/orang
  • Wisatawan domestik (WNI): Rp 100.000/orang
  • Wisatawan asing (WNA): Rp 120.000/orang
  • Bayi dibawah 3 tahun: Free

Sumber

https://www.gotravelaindonesia.com/iam-bali-3d-museum/