• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gresik adalah salah satu kota yang berbatasan langung dengan Surabaya. Meski terkenal sebagai kawasan industri, ternyata kota ini menyimpan potensi alam yang mengagumkan lho.  Sayangnya, Mungkin banyak orang yang belum tahu.

Gladak Gede sebuah jembatan kayu titian yang menjorok ke laut pesisir berdekatan dengan Pelabuhan Gresik di pusat kota Desa Lumpur, Kabupaten Gresik. Para penduduk desa menyebut jembatan yang membentang sepanjang kurang lebih 300 meter itu dengan sebutan Geladak Gede. Geladak itu sendiri telah menjadi jalur utama bagi para nelayan yang hendak mencari nafkah di laut lepas selama bertahun-tahun lamanya.

Geladak Gede ini seluruhnya terbuat dari rangkaian kayu ulin yang memiliki warna coklat yang khas. Karena Geladak Gede bukan tempat untuk berwisata mainstream, maka tidak dibuat pagar untuk berpegangan. Jadi, kalau sobat traveler hendak berfoto-foto, harap berhati-hati ya. Soalnya, bila terjatuh, kemungkinan besar langsung nyemplung ke dasar laut.

Dengan pemandangan yang memanjakan indera, Geladak Gede merupakan tempat yang bagus bagi pelaku fotografi untuk mengambil gambar, khususnya saat berburu foto landscape, golden hour maupun human interest. Bahkan, ada beberapa pasangan yang hendak menikah, memilih Geladak Gede sebagai lokasi pemotretan antimainstream.

Anak anak muda yang berkunjung disini terkadang menyewa perahu seorang nelayan untuk sekedar mengelilingi tempat ini sambil menikmati sejuknya udara yang berhembus dan keindahan sunrise / sunset sambil membuat instastory di Instagram mereka biasa anak muda jaman sekarang hehe. Para nelayan di sini sebagaian pun tak keberatan aktivitas mereka diabadikan sebagai fotografi bertema human interest.

Sebetulnya, Geladak Gede menyimpan potensi wisata bahari, mengingat tidak ada wisata pantai di pusat kota. Lebih-lebih Pantai Dalegan yang berada di Kecamatan Panceng berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat kota. Oleh sebab itu, Geladak Gede bisa menjadi alternatif sobat traveler kala berkunjung ke Kabupaten Gresik.