Museum Gedung Sate terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Gedung Sate terkenal sebagai kantor gubernur, namun disana juga terdapat museum juga. Terletak di sebelah kantor tak membuat museum ini sepi, banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Bangunan ini mempunyai gaya arsitektur campuran bernuansa Indonesia dan Eropa sehingga tampak elegan dan mewah.

Mengapa bangunan ini disebut Gedung Sate? karena dilihat dari atas atap terdapat makanan khas Indonesia yaitu Sate. Untuk masuk Museum Gedung Sate ini hanya perlu membayar Rp. 5.000,- saja, cukup murah kan. Museum ini dapat dikunjungi setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00- 17.00 WIB. Kapasitas daya tampung saat sekali masuk hanya dapat memuat sekitar 30 an orang. Jika pengunjung datang secara bergerombol, kalian harus antri terlebih dahulu di teras. Tapi gak usah takut sambil menunggu antrian masuk, kita bisa melihat taman yang indah di sekitar museum.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Pintu Masuk Museum Gedung Sate

Di lingkungan museum Gedung Sate terdapat taman yang cantik dan bagus untuk dibuat foto bersama teman – teman. Arsitektur yang megah dengan dikelilingi taman dan pepohonan membuat kesan sejuk dan nyaman. Air mancur yang terdapat di belakang pintu masuk museum cocok untuk membuat kenangan bersama teman-teman. Dengan luasnya kawasan ini, kita menjadi bebas menikmati pemandangan disekitar tetapi harus dijaga juga tata kramanya karena mengingat gedung ini masih bersebelahan dengan kantor gubernur.

Pada kunjungan saya pertama kali kesana, saya bersama rombongan sekolah SMAN 4 Kediri pada saat Study Tour tahun 2018. Saat kita menunggu antrian masuk yang lumayan lama, kita memutuskan untuk berkeliling sembari mengabadikan moment agar bisa dikenang kemudian hari. Tak sengaja kita bertemu security yang sedang berjaga disana, dan dengan sukarela mau memotret kami. Banyak spot foto yang menarik disana sehingga kami banyak mengabadikan moment bersama. Dipandu bapak security yang menyenangkan saat seolah memandu kita mencari tempat foto terbaik.

Didalam museum terdapat banyak informasi sejarah dari Kota Bandung dan sekitarnya pada zaman dahulu sampai yang terbaru. Disana ada teknologi yang canggih seperti teknologi 3D yang memperlihatkan lokasi di luar gedung sate ini.

Lalu, untuk bermain Augmented Reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate, kamu bisa memasuki ruang Augmented Reality yang terletak di sebelah ruang audio visual.

Kalian juga bisa mencoba langsung menuju ke ruang terbuka Virtual Reality yang berada tepat di sebelah ruang Augmented Reality untuk melakukan simulasi melihat Gedung Sate melalui balon terbang.

Disini juga terdapat foto gubernur dan wakil gubernur yang sedang menjabat saat itu yakni Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Terdapat juga manekin yang membuat suasana menjadi terlihat lebih nyata. Tidak hanya sekedar berjalan-jalan disini kita menambah pengetahuan baru dengan melihat foto- foto yang menjelaskan seluk beluk daerah Jawa Barat. Di dalam museum ini juga terdapat design arsitektur museum yang diperlihatkan di beberapa tempat, contoh nya seperti gambar dibawah ini.

Bagi kalian yang berlibur ke Bandung, harus di sempetin nih buat berkunjung di Museum Gedung Sate ini. Selain berwisata yang tidak hanya bersenang senang namun juga bisa menambah pengetahuan anda. Dijamin seru deh dengan disuguhi banyak teknologi canggih membuat daya tarik kalangan muda untuk berkunjung.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian jika ingin pergi ke Museum Gedung Sate.

Sekian dari saya, terimakasih.