Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun masih terdengar asing, dikalangan penyuka jalan-jalan objek wisata Hutan Pinus Pengger terbilang cukup populer. Tempat ini masih dirasa asing karena baru dibuka secara resmi pada tanggal 7 April 2016. Hutan Pinus Pengger mudah dijangkau karena terletak dipinggir jalan Pathuk Dlingo Km 4,5.

Hutan ini menawarkan daya tarik wisata alam yang alami dan asri sehingga jangan dibayangkan sebagai hutan belantara yang tidak tertata rapi dan berkeliaran hewan buas. Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di perbukitan Dlingo sebelah utara yang dekat dengan perbukitan wilayah Piyungan Bantul. Rute terdekat menuju Hutan Pinus Pengger dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan Wonosari Yogyakarta.

Saat mengunjungi Hutan Pinus Pengger, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas alam yang menyenangkan. Salah satunya adalah melihat keindahan alam Jogja dari ketinggian. Jika Anda ingin melihat pemandangan Jogja pada malam hari dan pagi hari, Anda bisa camping disini dengan harga tiket masuk yang murah. Dengan keasrian hutan dan hawa dingin yang semilir menjadikan suasana camping mu menjadi lebih menyenangkan.

Jangan lupa membawa kamera atau ponsel berkamera saat datang ke lokasi itu karena akan banyak objek yang menarik untuk swafoto (selfie) bersama atau seorang diri.

Pengelola telah memunculkan tempat spot foto baru yang membuat wisatawan berbondong-bondong datang ke tempat ini saat malam hari. Seperti spot foto yang di bentuk dari ranting kayu menyerupai akar kayu besar dengan lubang di tengahnya, menjadi spot foto favorit dengan latar belakang gemerlap lampu Kota Yogyakarta.

Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa spot selfie yang sudah disediakan. Diantaranya ada spot foto sarang burung, rumah pohon, tangga cinta, dan jembatan pohon. Ada satu spot foto yang paling diminati pengunjung terutama pada malam hari yaitu spot sarang burung raksasa yang apabila difoto pada malam hari akan terlihat kerlap kerlip pemandangan lampu kota Jogja.

Bagi sebagian masyarakat, nama Hutan Pinus Pengger memang masih terasa asing terdengar karena memang lokasinya agak jauh dari Kota Yogyakarta. Tapi bagi pelancong yang gemar berpetualang alam, lokasi ini sangat layak dikunjungi.