Assalamualaikum, puji tuhan salam sejahtera untuk kita semua semoga kebaikan dan keselamatan selalui menyertai. Pertama kalinya saya menulis disini untuk mencurahkan pikiran saya tentang Faktor “x”.

Faktor X merupakan faktor yang melekat pada diri semua orang, tak berwujud benda namun dapat dirasakan. Pada diri seseorang faktor X sangat mempengaruhi geraknya dalam menjalankan kehidupan. Awalnya faktor X tidak ada atau sangat kecil sekali, namun apabila kita tekun maka faktor tersebut akan muncul dan tumbuh karena ia hidup. Karena ia hidup, ia pun dapat mati.

selama 20 tahun saya hidup saya menemukan beberapa Faktor “X” yang cocok dengan saya, tentu saja Faktor “X” tidak didapat dari berdiam diri di gua atau dari hasil pencerahan para “motivator”, melainkan dari pencarian yang dihiasi dengan keberhasilan dan kegagalan mencari Faktor “X” yang dilakukan terus menerus. saya akan menjelaskan tentang beberapa faktor yang saya miliki,diantaranya:

Faktor “X” pertama adalah saya orang yang suka mengajar. saya menemukan ini ketika saya SMA yaitu ketika saya menghadapi ujian Amaliah Tadris yang dimana saya harus mengajar di satu sekolah selama 1 bulan. awalnya saya tidak memiliki persiapan atau ekspektasi apapun karena saya hanya ingin menyelesaikan ujian ini saja. setelah menyelesaikan ujian itu saya jadi semakin ingin mengajar, karena terdapat perasaan senang tersendiri saat mengajari seseorang. hal ini terus tumbuh hingga di bangku kuliah dan saya memenuhi keinginan ini dengan menjadi guru les privat dan guru ekstra robot. Tentu saja uang adalah salah satu alasan saya mengajar, tetapi kesenangan dalam mengajar adalah alasan utamanya.

Faktor “X” kedua adalah saya menyukai pemrograman. saya menemukan ini ketika di Semester pertama saya kuliah. Mata kuliah pemrograman dasar menjadi dasar saya menemukan Faktor “X” ini. pada awalnya saya merasa tidak cocok dengan ini karena mungkin saya masih “noob”, tetapi setelah saya memiliki jam terbang yang lumayan ,saya jadi semakin menyukai pemrograman. untuk semakin mendalami dunia pemrograman ini saya mulai membeli buku dan video pembelajaran dari internet untuk meningkatkan pemahaman dan bahasa pemrograman yang saya miliki. di semester akhir ini saya mulai membuat aplikasi berbasis android dan menerima beberapa proyek kecil dari orang.

Faktor X tidak hanya ada didalam diri, tapi juga ada di lingkungan sekitar kita(keluarga,teman,dll). saya berada di lingkungan kuliah yang sangat mendukung untuk mendalami pemrograman. saya memiliki teman yang memiliki Faktor “X” yaitu dapat mengetik 10 jari dan pemrograman. karena memprogram butuh mengetik cepat maka saya putuskan untuk belajar dari dia cara mengetik 10 jari. jika saya kebingungan dengan sebuah persoalan program saya akan menanyainya.



Saran dan kritik sangat diperlukan untuk menambah wawasan saya, semoga bacaan ini dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah membaca.