Selamat pagi, siang , sore , malam untuk semua teman-teman yang berbahagia. Ketemu lagi nih dengan saya Made Wira Narendra dalam blog yang sangat bermanfaat karena dalam blog ini teman-teman dapat mempelajari pemrograman tanpa perlu bersekolah untuk kalian yg tidak bisa bersekolah namun memiliki kemauan belajar yg tinggi, nah disinilah tempatnya kalian untuk menggali ilmu yg telah saya bagi ke kawan semua. Kali ini kita akan belajar mengenai VARIABEL STRUKTUR.

Apa sih itu variabel dan apa itu struktur, kita mulai dari variabel, Variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer. Setiap variabel memiliki nama yang sebagai identitas untuk variabel tersebut.

Sesuai dengan namanya, isi dari variabel bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung kebutuhan. Ini berbeda dari konsep konstanta yang kita bahas dalam tutorial sebelumnya. Untuk konstanta, nilai tersebut akan tetap dan tidak bisa diubah sepanjang kode program.

Sebagai contoh, jika saya membuat program menghitung luas lingkaran, saya bisa membuat variabel ‘jari2‘ dan mengisinya dengan nilai ‘7’, kemudian di dalam kode program, saya bisa mengubah nilainya menjadi ‘8’, ’10’ atau ‘1000’. Sedangkan jika ‘jari2‘ ini dibuat sebagai konstanta, maka nilainya akan tetap ‘7’ sepanjang program dijalankan.

dan selanjutnya apa itu STRUKTUR, Struktur adalah sekumpulan variabel yang masing-masing dapat berbeda tipe, dan dikelompokkan ke dalam satu nama (menurut Pascal, struktur juga dikenal sebagai record). Struktur membantu mengatur data-data yang rumit, khususnya dalam program yang besar, karena struktur membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai satu unit daripada sebagai entity yang terpisah.

Salah satu contoh struktur tradisional adalah record daftar gaji karyawan, dimana karyawan digambarkan dengan susunan lambang seperti nama, alamat, nomor jaminan sosial, gaji dan sebagainya. Beberapa dari lambang tersebut biasanya berupa struktur, nama mempunyai komponen begitu juga alamat dan gaji.

Struktur ini sering digunakan untuk mendefinisikan suatu record data yang disimpan di dalam file. Struktur termasuk ke dalam tipe data yang dibangkitkan (derived data type), yang disusun dengan menggunakan obyek tipe lain.

Jadi setelah diketahui semua itu, dapat dipadukan menjadi suatu teori dari VARIABEL STRUKTUR yaitu suatu variabel bertipe data struktur adalah dapat terdiri dari bermacam tipe variabel yang ada. Jadi struktur dapat berisi integer, float, char, dan sebagainya.

  1. Membuat program untuk menghitung tanggal besok dari tanggal sekarang yang dimasukkan melalui keyboard.

struct tanggal now;
int tgl, bulan, tahun;

printf(“Masukkan tanggal sekarang: “); scanf(“%d”, &tgl);
printf(“Masukkan bulan sekarang: “); scanf(“%d”, &bulan);
printf(“Masukkan tahun sekarang: “); scanf(“%d”, &tahun);

now.tgl = tgl+1;
now.bulan = bulan;
now.tahun = tahun;

printf(“Besoknya tanggal “);
printf(“%d/%d/%d\n”, now.tgl,now.bulan,now.tahun);

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

2. Membuat program untuk menentukan selisih waktu antara dua waktu yang berbeda, dimana kedua waktu tersebut dimasukkan melalui keyboard.

#include<stdio.h>
struct waktu{
int jam1, menit1, jam2, menit2, jamx, jamy;
};
void main()
{
struct waktu skr;
printf(“masukkan jam ke-1 (jj:mm)= “);
scanf(“%d:%d”, &skr.jam1, &skr.menit1);
printf(“masukkan jam ke-2 (jj;mm)= “);
scanf(“%d:%d”, &skr.jam2, &skr.menit2);
skr.jamx = (skr.jam1*60+skr.menit1);
skr.jamy = (skr.jam2*60+skr.menit2);
printf(“selisihnya adalah %d menit”, skr.jamx-skr.jamy);

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest