Era revolusi Industri telah membuat banyak perubahan. Industri saat ini telah memasuki inovasi baru. Hampir semua bidang industri mengalami banyak perkembangan, salah satunya di bidang teknologi. Teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat dari masa ke masa. Para Ilmuwan terus berusaha menciptakan teknologi canggih untuk masa depan. Salah satunya yaitu teknologi hologram.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Apa itu Hologram?

Hologram merupakan teknologi fotografi yang merekam cahaya yang tersebar dari suatu objek dan kemudian menyajikannya dalam bentuk 3 dimensi. Gambar 3 dimensi ini dapat kita lihat dari segala sisi dan dapat bergerak serta mengeluarkan suara. Hal ini bertujuan supaya dapat menyampaikan informasi dengan baik.

Sejarah Hologram

Teknologi hologram ini telah dikembangkan pada akhir tahun 1940-an. Teknologi ini dikembangkan oleh seorang fisikawan bernama Dennis Gabor. Dennis menemukan dan mengembangkan metode holografi. Setelah itu pada tahun 1947 perusahaan British Thomson-Houston mengembangkan mikroskop elektron menggunakan teknik holografi elektron. Penelitian tersebut menjadi dasar dalam mengembangkan holografi modern. Pada tahun 1960-an hologram statis 3 dimensi pertama kali diproduksi setelah penemuan sinar laser oleh ilmuan Uni Soviet yang bernama Yuri Denisyuk.

Cara Kerja Hologram

Sistem ini menggunakan proyeksi Holographic Laser Projection (HLP) dan sensor infra merah. Dalam holografi, terdapat teknik yang memungkinkan perekaman bidang cahaya. Umumnya holografi merupakan produk dari sumber cahaya yang tersebar dari suatu benda. Cahaya tersebut akan direkam kemudian direkonstruksi saat bidang cahaya asli tidak ada lagi. Holografi ini sama dengan rekaman suara, dimana saat bidang suara yang dibuat oleh benda bergetar seperti alat musik dikodekan sedemikian rupa sehingga dapat diproduksi ulang tanpa adanya benda yang bergetar.

Perkuliahan Menggunakan Teknologi Hologram?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Business School Imperial College London telah menggunakan teknologi hologram untuk perkuliahan. Pihak universitas berharap dengan teknologi hologram ini bisa dipakai para pakar akademisi untuk melakukan perkuliahan jarak jauh. Prinsip dari teknologi ini menggunakan high definition monitor. Selain itu, teknik proyeksi ini dikombinasikan dengan backdrop di belakang layar yang menggunakan software untuk mengolah kedalaman gambar sehingga menghasilkan gambar yang tampak nyata. Komb inasi ini menghasilkan hologram dosen yang seolah – olah berada di tengah mahasiswa dan memberikan materi kuliah.

Pada masa mendatang, teknologi ini diperkirakan akan banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Hal ini menjadi solusi untuk para dosen yang berhalangan hadir untuk memberikan materi perkuliahan. Dengan menggunakan teknologi ini perkuliahan tetap akan berlangsung. Selain itu materi yang telah disampaikan dapat diulang kembali jika diperlukan.