• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Asalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan membahas tentang Boardgame. Tidak banyak orang di Indonesia mengenal istilah boardgame atau permainan papan, namun pasti setiap orang pernah memainkan permainan yang satu ini. Sebut saja contoh permainan boardgame adalah monopoli, remi ataupun uno. Permainan tersebut merupakan salah satu dari jenis boardgame. Meskipun sedikit yang mengetahui boardgame di Indonesia, namun permainan ini sedang berkembang di negara ini. banyak orang yang mulai membuat boardgame dan banyak yang sudah dipublishkan ke toko – toko. mereka membuat dengan mekanik tema dan judul yang berbeda – beda dan unik. Dalam hal kesulitannya, terdapat 4 kelas secara umum. tingkatan tersebut adalah easy, easy-medium, medium dan hard. biasanya untuk kelas easy diperuntukkan untuk anak – anak, lalu easy-medium biasanya untuk game party(game dengan banyak pemain, contoh : warewolf), medium untuk family game yaitu permainan strategi sederhana, dan yang terakhir adalah hard yaitu permainan strategi yang sangat rumit dan mempunyai mekanika yang banyak. biasanya orang yang bermain boardgame kelas hard adalah para penggemar boardgame. Salah satu contoh boardgame hard adalah Teraforming Mars.

Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa boardgame ini mengusung tema Planet Mars. Dari Boardgame ini, kita diajak untuk membangun Planet Mars agar manusia dapat tinggal di planet tersebut. Menarik bukan? tapi bagaimana caranya? kita diharuskan untuk membangun kota – kota,menanam pohon,membuat tambang dan danau(air) pada permukaan planet mars. Disini pemain berlomba untuk mencari poin agar memenangkan permainan ini. Poin didapat dari kita berkontribusi mengubah mars menjadi layak huni. Seperti saat kita menanam pohon maka kita membantu menaikan kadar oksigen yang ada atau saat kita membuat danau dan membangun kota.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Permainan ini mempunyai mekanik yang kompleks dengan menggabungkan permainan papan dengan kartu. Pada mekanik papan kita dituntut untuk menata tile kota, pohon dan air dengan tepat agar kita mendapatkan poin maksimal. Sedangkan pada mekanik pada kartu, kita harus mengatur strategi yang tepat dengan efek dan coorporation apa yang kita ambil.  Yang membedakan kartu tersebut adalah batas penggunaan kartu tersebut. Misalnya kita coorporation Ecoline (Plant tag) yang mudah untuk mengumpulkan plant, maka kita harus mengatur strategi agar memperbanyak plant dan menanam banyak pohon agar dapat mendapat poin banyak. Pada kartu – kartu tersebut terdapat 3 jenis kartu yaitu project card, reasearch card dan action card. Alur permainan ini dimulai dengan memilih coorporation pada kartu acak, setelah itu mengambil 10 kartu dan jika mau membelinya maka pemain harus membayar 3 unit kubus. setelah itu pemain akan memainkan kartu – kartu yang didapatnya bergiliran berlawanan arah jarum jam. pemain diberi 2 kesempatan aksi untuk setiap giliran, dan jika pemain tidak melakukan aksi apa – apa(SKIP) maka di giliran selanjutnya dia tidak bisa main. jika semua pemain SKIP, maka dilakukan ganti generasi dan dimualilah produksi lagi. Seperti ronde awal namun kali ini kartu yang diambil hanya 4 kartu. Permainan ini berakhir jika oksigen dan temperatur sudah penuh dan setelah itu penghitungan poin. Poin yang di dapat adalah dari langkah teraforming, jumlah kota yang disampingnya ada pohon, lalu dari penghargaan yang di klaim dan juga poin yang ada di kartu yang sudah digunakan. memang permainan ini terlihat kompleks namun jika kita penggila permainan strategi yang menguras otak dan dengan durasi yang lama, maka permainan ini patut dicoba! Terimakasih telah membaca Wasalamualaikum Wr. Wb. 😉