Android Q
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Google resmi merilis sistem operasi Android 10 atau yang sebelumnya disebut dengan Android Q pada 3 september 2019. Sistem operasi Android generasi selanjutnya ini telah diperkenalkan dalam acara Google I/O 2019. Pembaharuan tersebut masih belum bisa dicoba oleh semua merk device, yang pasti device pertama yang support Android 10 ini adalah keluarga device dari Google yaitu Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3A, Pixel 3A XL.

Sementara untuk device lainnya masih belum ada tanggal pasti kapan mereka bisa menerapkan android versi terbaru ini.Dengan pembaharuan Android 10 ini tentunya akan membawa datangnya banyak inovasi baru dari Google, yang paling mencolok yaitu fungsi gesture pada layar, pengguna dapat melakukan swipe kiri dan kanan untuk kembali ataupun maju. Selain itu, terdapat focus mode yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan aplikasi tertentu untuk meningkatkan konsentrasi. Pembaruan lainnya adalah pengenalan tema gelap atau dark mode bawaan.

Memang mode tema gelap bukan fitur yang asing bagi device yang sudah menyediakan mode ini, namun mode gelap yang diluncurkan pada Android Q ini menandakan fitur ini sudah menjadi fitur default bagi semua device tanpa memandang merk tertentu.

Fitur Android 10

Berikut ini pembaharuan yang datang bersama peluncuran versi sistem operasi baru ini:

1. Smart Reply

Smart Reply
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Smart reply adalah fitur baru yang mana ketika muncul notifikasi baru pada smartphone, maka sistem akan merekomendasikan sesuai yang berhubungan dengan notifikasi tersebut. Misalkan jika seorang teman memberikan titik GPS, maka bersama dengan notifikasi tersebut akan muncul shortcut untuk Google Maps.

2. Gesture Swipe

Gesture swipe merupakan fitur yang fungsinya sama seperti tombol back dan forward pada smartphone, perbedaannya terletak pada kemudahan dalam pemakaian. Jadi kita tinggal melakukan gesture swipe kiri ataupun kanan untuk melakukan navigasi dalam menggunakan perangkat. Namun fitur button navigasi tetap ada, dan fitur swipe ini dapat dinonaktifkan dalam menu setting.

3. Live Caption

Live caption adalah fitur baru yang berguna untuk melakukan interpretasi secara otomatis dalam suatu objek media, seperti kita saat melakukan panggilan, video, podcast, ataupun pesan audio. Maka sistem android akan memberikan versi teks atas isi media tersebut layaknya sebuah subtitle film.

4. Sound Amplifier

Fitur ini membuat pengguna dapat mengatur dan meningkatkan suara mana yang perlu didengarkan, seperti suara vokal yang terlalu kecil bisa ditingkatkan, maupun menghapus suara noise yang ada di background sebuah musik.

5. Format Foto HEIF

Format file foto baru yang didukung oleh sistem operasi Android 10. Format ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto dengan kualitas setara JPEG tetapi membutuhkan file storage yang lebih kecil.

6. Privacy Management

Privasi merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan smartphone, kita perlu memilah milah dalam memberikan izin suatu aplikasi untuk mengakses smartphone kita. Nah, fitur ini memberikan kita kemudahan dalam memanajemen akses yang diperlukan suatu aplikasi.

7. Focus Mode

Fitur focus mode ini memungkinkan pengguna untuk mematikan sementara suatu aplikasi yang tidak diinginkan.

8. Dark Mode

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dark mode salah satu fitur unggulan dalam perilisan sistem operasi Android Q, yang memungkinkan pemakai smartphone mengubah layar menjadi tema gelap untuk kenyamanan dalam menggunakan perangkat pada saat saat tertentu misalkan saat minim cahaya, dll.