Yak… Kita akan lanjutkan, bersama saya Author dalam pembahasan pasal Bahasa C.

Berhubungan dengan materi-materi sebelumnya yang telah dibahas, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Fungsi

…..

Assalamualaikum warahmatullah Wabarokatuh.

Mohon maaf, salam pembukanya tertinggal :D.

Oke kita lanjutkan. Fungsi sendiri secara umum memiliki definisi Peranan. Dalam bahasa C, fungsi sendiri merupakan bagian dari sebuah program yang memproses suatu perintah tertentu.

Artinya, dalam sebuah program harus ada fungsi yang di include sebagai langkah/jalannya suatu program yang diinginkan. Jika dianggap, Program adalah sebuah cangkir, dan fungsi adalah isinya. Seseorang tidak bisa menikmati minuman apapun yang diminum melalui cangkir tersebut jika tidak ada isinya.

Tidak hanya fungsi yang disediakan library dari program saja, ada fungsi yang dapat kita buat sendiri. Contoh sederhana adalah sebagai berikut.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

nt. Format fungsi adalah

tipe data_nama fungsi(deklarasi variabel)

{

tubuh fungsi

}

Contoh fungsi seperti gambar adalah menentukan nilai determinan. Dalam fungsi tersebut terdapat lagi fungsi umum dari library program (printf, scanf…). Artinya kita bisa membuat fungsi sendiri dengan bantuan fungsi yang ada pada program.

Fungsi pada yang disediakan pada program bukanlah semata-mata hanya tertulis satu baris saja. Apabila fungsi tersebut kita bongkar isinya, didalamnya masih banyak fungsi fungsi bantuan yang lain yang dapat dimuat dalam suatu fungsi dengan nama tertentu.

Sekian, Mohon Maaf

Terima Kasih