Assalamualaikum wr wb

Hallo teman-teman semua….. 🙂

Kembali lagi bersama kami nih, udah pada tidak sabar ya untuk belajar pemograman bahasa C lagi, yuk kita belajar

Sebelumnya seperti biasa introduction dulu oke, nama saya Daffa Syah Alam dari kelas D4 Teknik Elektronika A Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Kali ini kita akan belajar tentang “Statement Perulangan (LOOPING)”.

 

Seperti biasanya sebelum kita memasuki teori, sebaiknya kita harus mengetahui tujuan dari pembelajaran kali ini yaitu kita bisa mempelajari proses perulangan, menggunakan beberapa control statement seperti for, while dan do-while.

Seperti pembelajaran sebelumnya bahwasannya tidak afdhal jika kita melakukan suatu percobaan jika kita tidak mengetahui teori dari materi kali ini. Control Statement adalah statement yang digunakan untuk mengarahkan jalannya program, sehingga urutan pengerjaan program dapat melompat-lompat atau berulang. Ada beberapa statement yang termasuk control statement yaitu statement if-else, else-if, goto(), switch(), breeak, continue, for(), while(), dan do-while(). Statement for() digunakan untuk membuat perulangan yang dikontrol oleh nilai-nilai tertentu yaitu initial (nilai awal), condition, increment/decrement (penambahan/penurunan). Statement while() digunakan juga untuk membuat perulangan seperti pada statement for(), perbedaannya pada statement while() memeriksa kondisi dulu, bila kondisi memenuhi maka perulangan dilaksanakan. Statement do-while() juga digunakan untuk membuat perulangan seperti 2 statement diatas. Cara kerja statement do-while() ini langsung pada badan loop, kemudian kondisi diperiksa jika perulangan memenuhi maka dilanjutkan dan jika tidak maka perulangan selesai.

 

Baik teman-teman semua….. 🙂

Agar lebih memahami lagi, mari kita coba beberapa percobaan dibawah ini.

PERCOBAAN 1

Mari kita membuat program tentang Triangular yaitu susunan benda yang disusun sedemikian sehingga menyerupai segitiga, dengan mengetahui jumlah benda yang paling bawah, maka dapat dihitung jumlah seluruh benda yang disusun triangular tersebut.

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
void main()
{
int n, jumlah;

jumlah=0;
for (n=1; n<=200; n=n+1)
jumlah=jumlah+1;

printf(“Jumlah 200 triangular adalah %d\n”, jumlah);

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

PERCOBAAN 2

Mari kita membuat program untuk menghitung beberapa jumlah triangular, maka dapat dibuat suatu tabel perhitungan jumlah triangular dengan melakukan iterasi sebanyak jumlah triangular yang diinginkan.

#include<stdio.h>
void main()
{
int n, jumlah;

printf(“TABEL JUMLAH TRIANGULAR\n\n”);
printf(” n jumlah\n”);
printf(“————–\n”);

jumlah=0;
for (n=1; n<=10; n++)
{
jumlah=jumlah + n;
printf(” %d %d\n”, n, jumlah);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Baik teman-teman semua …. 🙂

Setelah kita melakukan beberapa percobaan di atas, mari kita melakukan beberapa tugas yang telah disediakan. Agar lebih memahami lagi tentang pembelajaran kali ini. berikut tugasnya :

TUGAS 1

Mari kita membuat program untuk mencetak matriks identitas sebagai berikut :

#include <stdio.h>
void main()
{
int a,b,c,d,e,f,g;
printf(“Masukan jumlah baris dan kolom matriks identitas = “);
scanf(“%d %d”,&a,&b);

for(c=1;c<=a;c++)
{ for(d=1;d<=b;d++)
{if(c==d){printf(” 1 “);}
else {printf(” 0 “);}
}
d=1;printf(“\n”);}

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 2

Mari kita membuat program untuk menampilkan tabel perkalian sebagai berikut:

#include<stdio.h>
void main()
{
int i, b = 0, MAX = 10, baris, kolom, hasil_kali;
printf(“X”);
for (i=1; i<=MAX; i++){
printf(“%5d”, i);
}
printf(“\n”);
for (baris=1; baris<=MAX; baris++) {
b = b + 1;
printf(“%2d\n”, baris);

for (kolom = 1; kolom <= MAX; kolom++)
{
hasil_kali = baris * kolom;
printf(“%5d”, hasil_kali);
}
printf(“\n”);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 3

Mari kita membuat program untuk membalikkan tampilan angka yang dimasukkan melalui keyboard.

#include <stdio.h>
void main()
{ int a,b;
printf(“Masukan bilangan bulat = “);
scanf(“%d”,&a);
while(a>0)
{
printf(“%d”,a%10);
a=a/10;
}

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 4

Mari kita membuat program dengan berisi tabel koncersi suhu dari derajat celcius ke derajat fahreinheit, reamur dan kelvin.

#include <stdio.h>
#include <math.h>>
main()
{ float c=0;
int a,b;
printf(“Masukan jumlah tabel yang diperlukan =”);
scanf(“%d”,&a);
printf(“\n\n|NO|Celcius|Farenheit|Reamur|Kelvin|”);
for(b=1;b<=a;b++)
{
printf(“\n|%2d”,b);
printf(“|%-7g|”,c);
c=c*9/5+32; printf(“%-9g|”,c);
c=(c-32)*4/9; printf(“%-6g|”,c);
c=c*5/4+273; printf(“%6g|”,c);
c-=273;
c+=10;
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 5

Mari kita membuat program untuk menghitung nilai rata-rata dari beberapa nilai yang dimasukkan melalui keyboard.

#include <stdio.h>
#include <math.h>>
void main()
{
int a,b,c,d=0;
printf(“Masukan banyaknya data nilai =”);
scanf(“%d”,&a);
for(b=1;b<=a;b++)
{printf(“Masukan data nilai ke-%d = “,b);
scanf(“%d”,&c);d+=c;}
printf(“Jumlah seluruh nilai adalah = %d\n”,d);
d=d/a; printf(“Nilai rata ratanya adalah = %d”,d);
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 6

Mari kita membuat program untuk menghitung jumlah angka suatu bilangan.

#include <stdio.h>
#include <math.h>>
void main()
{ int a,b,c,d,f,g;
char e;
mulai:
printf(“\nMasukan bilangan bulat positif = “);
scanf(“%1d%1d%1d%1d”,&a,&b,&c,&d);
f=a+b+c+d;
printf(“Jumlah angka dalam bilangan %d%d%d%d adalah %d+%d+%d+%d =%d”,a,b,c,d,a,b,c,d,f);
printf(“\nCoba lagi? (y/n)”);getchar();
scanf(“%c”,&e);
if(e==’y’)
{goto mulai;}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 7

Mari kita membuat program yang berisi suatu bilangan bulat faktorial n ditulis dengan n!, adalah dihasilkan dengan mengalikan nilai satu sampai dengan n.

void gotoxy (int x, int y);
#include <windows.h>
#include <stdio.h>

int main()
{int a,b,c,d;
printf(“Masukan jumlah tabel faktorial yg diinginkan (maks 15!) = “);
scanf(“%d”,&d);
printf(“NO Hasil Faktorial”);
for(a=1;a<=d;a++)
{ c=1;
printf(“\n%2d %2d! = “,a,a);
for(b=a;b>0;b–)
{printf(“%-d”,b);c*=b;
if (b!=1){printf(“x”);}
} printf(” = %d”,c);
}
getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

TUGAS 8

Mari kita membuat program untuk menghitung nilai minimal, nilai maksimal dan nilai rata-rata dari daftar nilai siswa, yang dimasukkan melalui keyboard :

#include <stdio.h>
#include <math.h>>
main()
{
float a,b,c,d=0,z=0,x=0;
printf(“Masukan banyaknya data nilai =”);
scanf(“%f”,&a);
for(b=1;b<=a;b++)
{printf(“Masukan data nilai ke-%g = “,b);
scanf(“%g”,&c);d+=c;
if(x==0){x=c;}
if (z<=c) {z=c;}
if (x>=c) {x=c;}
}

printf(“\nNilai miniumum = %g”,x);
printf(“\nNilai maksimum = %g”,z);
d=d/a; printf(“\nNilai rata ratanya adalah = %g”,d);

getch();
}

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Baik teman-teman semua ….:)

KESIMPULAN

Jadi pada pembelajaran kali dapat disimpulkan bahwa suatu program dengan dilakukannya looping atau pengulangan proses kebanyakan pada program tersebut menggunakan for() yang digunakan untuk perulangan yang dikontrol oleh nilai-nilai tertentu, tetapi bukan berarti while() tidak ada pada suatu program, pada beberapa tugas di atas ada yang menggunakan while() yang digunakan untuk perulangan yang melihat kondisi terlebih dahulu.

 

Baik teman-teman semua …..:)

Terima Kasih

Wassalamualaikum wr wb