assalamu’alaikum

apa kabar semuanya, ketemu lagi dengan saya yang tak bosan-bosan memberikan informasi seputar program C. kali ini saya akan membahas tentang apa itu fungsi. bukannya kita sudah tau ya apa itu fungsi, tapi di fungsi kali ini sedikit berbeda. karena pada kesempatan kali ini yang kita bahas CARA MENEMPATKAN FUNGSI PADA PROGRAM C.

sudah ada bayangan kah kalian,,,

kita mulai dari definisi fungsi terlebih dahulu. fungsi kali ini adalah sub main atau suatu bagian dari pemrograman yang terletak pisah dengan program utama tetapi dapat difungsikan secara berulang-ulang. muncul pertanyaan, maksudnya bagaimana ya dari pengertian fungsi di atas. jadi intinya “fungsi” pada pemrograman ini sama halnya fungsi yang kita ketahui, semisal.. apa fungsi dari buku, pasti kalian menjawab fungsi buku adalah untuk membaca atau sebagainya. itu tadi contoh dari kata fungsi yang kita ketahui sebelumnya dalam kehidupan sehari-hari. sekarang kita langsung saja menuju ke contoh fungsi yang akan kita pelajari ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

kalian bisa lihat dari contoh program yang saya tampilkan dia atas, yang saya beri tanda merah, itu adalah fungsi. formula dari fungsi di atas adalah tipe keluaran fungsi_nama fungsi_(deklarasi argumen). formula itu untuk bagian atas sendiri, seperti contoh yang di atas yaitu float adibagi_bagi(float a,float b). lalu kurung kurawal buka, dan setelah itu di isi tubuh fungsi dan ditutup dengan kurung kurawal lagi. bisa kalian lihat juga letak fungsi di atas terpisah dengan program utamanya seperti yang dijelaskan pada definisinya. dan kalian bisa menempatkan fungsi tersebut di atas atau di bawah pada program utamanya. setelah kalian mengaplikasikannnya pada code block contoh di atas, dan meng-build and run, akan muncul seperti ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

o iya, pada fungsi yang saya gunakan ini adalah fungsi pembagian atau fungsi “bagi”.

 

sekian dulu pembahasan kali ini, atau bisa kita lanjutkan di kolom komentar ya, ku tunggu komentar kalian.

wassalamu’alaikum