Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

kembali lagi dengan saya alhamdulillah telah diberi kesempatan untuk menulis artikel saya yang kesekian kalinya tentunya tentang bahasa C kali ini yang akan kita bahas yaitu tentang variabel struktur.

struktur adalah pengelompokan variabel-variabel yang bernaung dalam satu nama yang sama. Berbeda dengan Rey yang berisi kumpulan variabel-variabel yang bertipe sama dalam satu nama, maka suatu struktur dapat terdiri atas variabel-variabel yang berbeda di dalam satu nama struktur-struktur biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan menjadi sebuah kesatuan.

variabel-variabel yang membentuk suatu struktur selanjutnya disebut sebagai elemen dari struktur atau field. dengan demikian dimungkinkan suatu struktur dapat berisi elemen-elemen data berbeda tipe seperti char, int, float, double, dan lain-lain.

Suatu struktur didefinisikan dengan menggunakan kata kunciĀ struct. elemen dari suatu variabel struktur dapat diakses dengan menyebutkan nama variabel struktur diikuti dengan operator titik (‘ . ‘) dan nama dari elemen strukturnya.

Nah, selanjutnya kita akan mencoba untuk membuat suatu program yang mengandung variabel struktur.

1. program menggunakan struktur tanggal yang digunakan untuk menentukan tanggal berikutnya (besok) dengan memasukkan tanggal hari ini (sekarang) dari keyboard.

2. program untuk menentukan selisih antara dua waktu yang berbeda, dimana kedua waktu tersebut dimasukkan melalui keyboard.

3. program untuk menentukan selisih antara dua tanggal yang berbeda, dimana kedua tanggal tersebut dimasukkan melalui keyboard.