Nama : Ayu Adista Nurul Izza

NRP   : 1110191034

Kelas  : D4 Elektronika B

 

Hai teman-teman semua, pada kesempatan ini saya ingin membagi pengalaman mengenai pemrograman bahasa C dasar, dengan menggunakan software bernama code bloks.

Sebelumnya tentu kalian tau dong apa itu pemrograman ? Hingga kalian mampir diblog saya hehe. Keyword tentang ”Pemrograman” berarti Langkah – langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.

Bahasa C sendiri adalah bahasa pemrograman dasar yang mudah untuk dipahami. Struktur suatu bahasa C adalah terdiri  dari  bagian #include, deklarasi konstanta, deklarasi variabel, deklarasi fungsi fungsi dan fungsi main().

Dasar #include : fungsi include sendiri sebagai header (sebuah file yang berisi dasar dasar perintah pemograman Bahasa C), kali kita akan menggunakan header “stdio.h”. Penulisan header

#include <stdio.h>

Deklarasi konstanta adalah variabel yang mempunyai nilai yang tetap meskipun telah dilibatkan dalam beberapa kali operasi aritmatika ataupun logika.

Missal x=1

Deklarasi variable adalah proses memperkenalkan/pembuatan variabel dan pendeklarasian tersebut bersifat mutlak mengharuskan setiap variable yang akan didirikan dengan jenisnya digunakan pada baris pertama sebelum operasi

Kegunaan titik koma ‘  ;  ’ sebagai akhir satu perintah / deklarasi

Int a; float b;

Deklarasi fungsi mendefinisikan sebuah fungsi dengan parameter-parameter yang ditentukan.

Fungsi main() berfungsi untuk tubuh diman setelah fungsi main() selalu dilanjutkan dengan {….} dimana diantara kurung kurawal adalah sebuah perintah

Varaibel dasar int ( bilangan bulat ), char ( menampilakan symbol) dan float (bilangan pecahan) yang berdungsi sebagai pendeklarasian. Variable dasar diletekan setelah “ { “ kurung kurawal pertama.

 

Kemudian Fungsi dasar Bahasa C

/*……*/ berfungsi sebuah komentar dan tidak dijalankan

Printf() berfungsi untuk menampilkan suatu komentar dengan cara penulisan

printf (“TERSERAH”);

/t berfungsi untuk tab dalam perintah printtf

/n berfungsi enter (membuat baris baru) dalam perintah printf

%d befungsi menampilkan isi variable integer

%c befungsi menampilkan isi variable karakter

%f befungsi menampilkan isi variable float

Untuk lebih faham tentang Bahasa C, yuk ikuti proses Jam terbang yang sudah saya lakukan. Dengan mengikuti langkah langkah percobaan yang sudah saya lakukan :

*Percobaan

  1. Jika kalian ingin belajar membuat Bahasa C tanpa menunggu praktikum disekolah, kalian bias download aplikasi Code Blocks atau mengunjungi alamat web https:www.onlinegdb.com. Selanjutnya jangan lupa untuk niat dan sabar ya untuk mempelajari nya …

Berikut tampilan awal dari codeblocks, yang kemudia dilanjutkan dengan klik pojok File lalu, click dan pilih new dan empty file.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

  1. Setelah mengunjungi aplikasi tentunya kembali ketujuan awal untuk membuat program C dengan mengamati tugas kali ini membahas tentang “TIPE DATA & VARIABEL DASAR”                                                                                                                                                                                                                                                          A. Tugas 1.5.1

Membuat program dengan karakter khusus \t untuk pengaturan spasi.

Kita ditugaskan untuk menggunakan karakter khusus “\t” yaitu untuk membuat tulisan bergeser ke kanan dengan rapi agar bagus penampilannya. kemudian karakter khusus “\n” yang berfungsi untuk berpindah baris ke bawah, Sedangkan untuk menampilkan atau mengeluarkan data digunakan printf.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar diatas merupakan contoh untuk menggunakan karakter khusus “\n” dan “\t”

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Setelah memasukan karakter khusus dapat dibuktikan dengan klik tombol F9 hingga muncul kode complainer.

B. Tugas 1.5.2

Membuat program untuk menentukan harga yang harus dibayarkan seseorang dengan diskon.

No. Nama Barang Harga Diskon
1. CPU 850MHz 700.000,- 5%
2. RAM 128 MHz 380.000,- 10%
3. Motherboard PIII 800.000,- 8%

 

Kita ditugaskan untuk membuat tabel harga dan diskon untuk barang dengan memasukkan variabel berupa integer bilangan bulat untuk harga dan nominal diskon berupa

b1 untuk nominal diskon CPU 850Mhz,

b2 untuknominal diskon RAM 128MHz,

b3 untuk nominal diskon Motherboard PIII,

b4 untuk total harga yang harus dibayarkan,

b1a untuk harga setelah diskon CPU,

b2b untuk harga setelah diskon RAM,

b3c untuk harga setelah diskon Motherboard.

Kemudian membentuk aljabarnya seperti “b1= 700000*5/100” untuk memproses nominal diskon. kemudian “b1a= 700000-b1” untuk memproses harga setelah diskon. untuk total harga “b4= b1a+b2b+b3c”

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

C. Tugas 1.5.3

Menganalisa apakah program yang dijalankan hasilnya benar

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hasil dari program di atas adalah eror. Karena 25/6 dengan menggunakan karakter khusus %d dan ternyata didapatkan hasil yang salah yaitu 4, sedangkan seharusnya berbentuk desimal. 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

kemudian diganti dengan karakter khusus %f untuk menampilkan tipe data float yakni berbentuk desimal karena %d menampilkan tipe data integer atau bilangan bulat yang tentu saja membuat program hasilnya salah.

D. Tugas 1.5.4

Mengganti fungsi getche() dengan fungsi getch(), dan karakter khusus %f dengan %c. kemudian mengganti %c dengan %d. 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar diatas menggunakan %c

 

Fungsi getch() digunakan untuk pause atau berhenti. Sedangkan fungsi getche() digunakan untuk mengambil karakter tombol yang di tekan. Jika %c diganti dengan %d maka hasil programnya adalah bilangan bulat. Sedangkan di ganti ke %f maka hasil program adalah bilangan desimal.

E. Tugas 1.5.5

Membuat Program hasil formula konversi suhu Celcius ke Fahrenheit, dimana diketahui Celcius = 100 derajat

#include <stdio.h>

main(){
int farenheid;
printf(“\t\t\t\t KONVERSI SUHU\n\n “);

farenheid = (100 * 9/5)+ 32;
printf(“Jadi konversi suhu dari 100 derajat celcius menjadi derajat farenheid adalah %d derajat farenheid”, farenheid);
}

 

Dalam program koversi celcius ke Fahrenheit ddigunakan rumus F= 9*C/5 (C=Suhu Celcius). Maka lebih baik menggunakan fungsi deklarasi float dan menggunakan %f dalam penulisan karena berupa rumus perkalian dan pembagian. Dan tahap penulisannya harus sesuai dengan prioritas, simbol * ditulis lebih dulu dari simbol /.

 

Kesimpulan 

Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan berorientasikan pada objek. Dalam menjalankan program dari bahasa C dibutuhkan suatu complierr yang berguna untuk mengaplikasikan kode yang akan tuliskan menjadi bentuk bahasa mesin sehingga program dapat berjalan.

 

Nah, Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, terimakasih teman – teman sudah mampir di blog saya dan SEMANGAT BELAJAR 🙂

Ingat setelah membaca ini jangan lupa untuk mengajari yang belum bisa maupun belum faham, karena “Sebaik baiknya orang berilmu adalah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain”

 

bye bye …