• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perkembangan teknologi informasi diseluruh dunia telah membuat hidup manusia menjadi semakin mudah. Terutama sejak diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan, baik hambatan geografis maupun hambatan waktu. Kita dapat segera berkomunikasi dengan keluarga, saudara, dan juga teman yang berada dibelahan dunia lain secara langsung melalui jaringan internet. Sekarang internet merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mencari informasi, hal ini didukung dengan berkembangnya berbagai perangkat lain yang bisa digunakan untuk membuka website melalui internet Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatlah sistem informasi berbasis website sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Peluang ini tentunya harus bisa dimanfaatkan agar dapat mengambil keuntungan dari dampak positif tersebut. Mengingat trend teknologi yang paperless sudah sangat hooming dalam kondisi modernisasi. Sistem manual yang memiliki banyak kelemahan sudah semestinya ditinggalkan dan beralih kepada sistem informasi yang terkomputerisasi. Manfaat dari laju perkembangan teknologi ini memperlihatkan banyak bermunculan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi informasi, seperti e-laboratory, e-government, e-commerce, e-education, e-learning, e-medicine, dan lainnya. Segalanya dimaksudkan untuk memudahkan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan.

Selama ini sistem informasi Proyek Akhir di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) di seluruh program studi masih menggunakan sistem manual. Mulai dari pengecekan berkas persyaratan, monitoring bimbingan mahasiswa, hingga pengumpulan form revisi mahasiswa. Hal ini juga memungkinkan terjadinya kesalahan saat pengkoreksian Proyek Akhir dan aspek-aspek pendukung Proyek Akhir tersebut karena keterbatasan ketelitian pengoreksi, dan juga faktor banyaknya mashasiswa yang harus dilayani, serta resiko keterlambatan juga bisa terjadi karena berbagai hal. Disisi lain spesifikasi pada Proyek Akhir mahasiswa PENS cenderung dilakukan secara modifikasi dari Proyek Akhir senior ataupun alumni sebelumnya. Indikasi adanya kesamaan pada tahun berikutnya masih belum bisa dideteksi secara langsung dan tidak dapat diketahui presentase kesamaan pada Proyek Akhir selanjutnya.

Pembuatan website ini juga menggunakan sebuah teknologi similarity checker sebagai metode pengecekan kesamaan Proyek Akhir mahasiswa PENS yang akan melakukan pengecekan pada judul dan abstrak dengan database yang dimiliki kampus PENS yang berbasis website. Teknologi similarity checker yang terdapat dalam Proyek Akhir ini menggunakan metode Leveinshtein Distance untuk memudahkan proses pemeriksaan kesamaan terhadap database. Pembuatan website dengan teknologi ini akan memudahkan banyak pihak yaitu mahasiswa, dosen dan juga koordinator Proyek Akhir. Website ini memberikan fitur pengecekan kesamaan judul dan abstrak proyek akhir mahasiswa dengan database yang dimiliki kampus PENS yang dapat dilakukan oleh koordinator proyek akhir. Dalam website ini algoritma levenshtein distance akan melakukan pengecekan tiap karakter unik dalam string yang dibandingkan. Hasil yang ditampilkan dapat menujukkan perbandingan antara string 1 dan string 2. Nantinya website akan menampilkan kesamaan berupa prosentase dan judul atau abstrak yang menjadi pembanding, setelah dinyatakan kesamaan lebih dari 50%.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest