Hari ini agenda kami tidak hanya mengunjungi Tokyo Metropolitan University (TMU) yang terletak di Hino, tetapi juga bertemu dengan Takahashi-san yang mempunyai perusahaan di bidang IT dan penyedia beasiswa di pusat kota Tokyo. Perjalanan dari TMU ke tempat Takahasi-san harus melalui Stasiun Shinjuku, salah satu stasiun yang paling ramai, kompleks dan ruwet.

Perjalanan dari stasiun ke kantor Takahashi-san juga tidak termasuk dekat mekipun juga tidak terbilang jauh. Sambil jalan kaki, kami bisa menikmati pemandangan sore kota Tokyo dengan toko-toko yang bercampur suasana modern dan tradisional. Sampai akhirnya kami sampai juga di kantor Takahashi-san.

Bertemu dengan Takahashi-san memang asyik. Orangnya gaul dan mudah diajak bicara. Lebih-lebih lagi bahasa Inggrisnya lebih mudah kami pahami dari kebanyakan orang Jepang. Maklum, dia juga punya kantor di Amerika Serikat. Kami bisa ngobrol ngalor-ngidul, mulai dari yang santai sampai yang sangat santai.

Puncaknya adalah pembicaraan tentang kerjasama antara PENS dan perusahaan Takahashi-san. Kebetulan, perusahaan Takahashi-san juga menyediakan beasiswa baik untuk yang studi lanjut ke S2 dan S3, maupun yang kerja praktek di perusahaan IT. Ini menjadi peluang yang sangat bagus.

Tidak terasa malam mulai turun, suasana gelap sudah menyergap. Kami harus kembali ke Shonandai, tempat kami menginap. Perjalanan dari Tokyo ke Shonandai yang terletak di Fujisawa juga bukan jarak yang dekat. Tapi itu tidak menjadi berat, karena kami sudah mendapatkan banyak hal dalam ikhtiar kami untuk belajar dan mendapatkan “5 Dimensi” dalam kolaborasi riset yang berujung pada kemajuan bersama.