Pantai Sendiki merupakan salah satu wisata pantai yang berada di wilayah Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Pantai Sendiki memiliki pasir yang berwarna putih dan warna air lautnya biru, yang menjadi daya tarik pengunjung. Pantai Sendiki memiliki fasilitas terbaik dan terlengkap, jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain khususnya di daerah Malang Selatan.

Lokasi dan Rute

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Tamban (berjarak sekitar 2 km). Jadi, apabila Anda datang ke Tambakrejo, Anda dapat mengunjungi 2 pantai sekaligus. Dari pusat Kota Malang, tempat liburan ini berjarak 68 km yang dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Begitu sampai di daerah Tambakrejo, Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Tamban. Nantinya Anda akan menemukan jalan menurun yang mengarah ke sebuah pertigaan. Ambil jalur kiri dan ikuti petunjuk yang tersedia untuk menuju Sendiki.

Namun memang sedikit disayangkan, akses jalan menuju Pantai Sendiki masih rusak parah dan bertekstur tanah liat berbatu, terlebih jika hujan datang maka tanah akan menjadi berlumpur, meski sebagian sudah ada yang di-cor. Sehingga menyulitkan bagi para pengendara sepeda motor.

Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Sendiki dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per motor (Rp. 10.000 jika Anda menginap).

Fasilitas

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto: Momen bercengkrama para pengunjung Pantai Sendiki

Sebagai objek wisata yang masih baru (dibuka untuk umum pada tahun 2015), pengelolaannya masih dilakukan oleh pemerintah dusun setempat.

Meski begitu, memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, mushola, pemandian umum, camping ground hingga warung-warung warga yang menjual makanan dan minuman, dan semuanya tertata dengan baik.

Masyarakat setempat pun bekerja sama menjaga dan mempercantik Pantai Sendiki. Hal ini dapat dilihat dengan adanya pos jaga, ayunan kayu dan gazebo sebagai tempat berteduh. Bahkan saat ini pengelola pantai menyediakan penginapan berupa cottage kecil di atas pohon sekitar pantai.

Pesona Tiada Tara

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto: Berfoto ria di Pantai Sendiki

Berada di kawasan Malang selatan dan berdekatan dengan Samudera Hindia, ombak di sini cukup besar sehingga kurang cocok untuk berenang. Sebenarnya agak disayangkan karena airnya cukup jernih. Namun tidak perlu kecewa, sebab Anda masih bisa bermain air di tepi pantai.

Berjalan menyusuri bibir pantai, Anda akan menemukan banyak pepohonan lebat di sekitar sini. Kehadirannya membuat suasana di sekitar Sendiki jadi tidak terlalu panas. Dijamin Anda akan semakin betah berlama-lama di sini.

Hamparan Indah

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto: Hamparan indah suasana Pantai Sendiki

Lantaran aksesnya relatif sulit, Sendiki jadi lebih sepi dibanding pantai lain di kawasan Malang selatan. Berada di sini, Anda akan merasa seperti memiliki di pantai pribadi. Sejauh mata memandang, hanya nampak lautan biru dan hamparan pasir putih bersih. Kehadiran sejumlah bebatuan karang membuat pemandangan sekitar sini makin eksotis.

Hutan Sekitar Pantai

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Foto: Kawasan hutan di sekitar Pantai Sendiki

Hal lain yang menjadikan Pantai ini menarik dan bikin betah adalah hutan lebat yang mengelilingi pantai. Ini membuat kondisi di sekitar pantai tidak terlalu panas, tidak seperti pantai lain yang hanya ditumbuhi tanaman perdu di sekitar pantai.

Mitos Warga

Menurut warga sekitar, pantai ini dahulu ditemukan oleh 4 orang sahabat. Tiga diantara mereka setuju untuk membagi lahan tersebut dengan cara menancapkan patok kayu sebagai penanda wilayah. Sementara orang terakhir, bernama Mbah Singo Lelono, merasa bingung untuk memilih wilayahnya. Ia kemudian bertanya kepada 3 temannya “Punyaku Seng Ndi Iki?”.

Akhirnya, dengan kesal Mbah Singo Lelono menancapkan patok kayu di sekitar pantai yang saat ini dikenal dengan nama Pantai Sendiki. Entah benar atau tidak cerita itu, tidak ada yang bisa memastikannya. Namun bila Anda berjalan ke arah kiri pantai, Anda akan menemukan sebuah makam batu dengan tulisan “Singo Lelono” yang dianggap leluhur oleh warga sekitar.

Tempat Berkemah

Lantaran sepi pengunjung, Sendiki juga cocok dijadikan tempat berkemah. Anda dapat mendirikan tenda di sejumlah titik yang berada cukup jauh dari bibir pantai. Jika tak membawa tenda sendiri, kalian bisa menyewa di lokasi. Harganya sekitar Rp.100.000 untuk tenda berkapasitas 4-5 orang. Buat yang punya peralatan sendiri, cukup membayar biaya kemping sekitar Rp25.000 saja.

Homestay Sekitar

Bagi wisatawan luar kota yang ingin mengunjungi Pantai Sendiki, ada beberapa hotel/penginapan yang dapat Anda pilih sebagai tempat transit maupun beristirahat.

Beberapa diantaranya adalah:

  • Homestay Sendang Biru, Jl. Sendang Biru RT. 27 RW. 03, Desa Tambak Rejo, Kec. Sumber Manjing Wetan, Kab. Malang 65176.
  • Home Stay Berkah Alam, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. No telepon: 082234632562