Final Project Competition (FPC) di Politekik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) selalu saja menghadirkan karya-karya inovasi yang menarik. Salah satunya adalah sebuah aplikasi untuk mendeteksi lipsing (gerakan mulut) untuk menyanyi. Aplikasi ini dibuat oleh Aditya Yudha Wardhana dari Program Studi D4 Teknik Informatika.

Aplikasi ini mirip dengan karaoke online. Pada aplikasi ini, pengguna bisa memilih lagu apa yang akan dinyanyikan. Saat lagu diputar, akan ditampilkan sinyal suara dari lagu itu, sehingga pengguna tahu bagaimana naik turunnya suara. Saat itu juga pengguna harus ikut bernyanyi. Bedanya dalam aplikasi ini tidak ada lirik lagu yang ditampilkan, karena aplikasi ini memang mengukur apakah pengguna bisa menyanyikan lagu tersebut.

Nah, sambil pengguna menyanyi, aplikasi ini merekam dan menangkap gerakan bibir pengguna. Gerakan bibir ini kemudian dihitung lebar-tipisnya gerakan bibir sesuai dengan metode deteksi ekspresi dari gerakan bibir. Setelah lagu selesai, maka pengguna bisa melihat bagaimana skor perasaan pengguna saat menyanyikan lagu, apakah pengguna termasuk ekspresif atau tidak, apakah pengguna hapal dengan lirik lagu atau tidak, apakah pengguna mengikuti perasaan dari lagu atau tidak.

Aplikasi ini secara tidak sadar akan menangkap perilaku seseorang saat mendengarkan dan menyanyikan lagu. Bagaimana interaksi perasaan seseorang dengan lagu yang diputar. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengubah secara perlahan perasaan pengguna, sehingga akhirnya pengguna bisa merasa lebih segar dan bersemangat. Nah, kalau aplikasi ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang kesehariannya berada dalam tekanan, akan membantu orang tersebut mengurangi stress.

Aplikasi ini bisa dimainkan dengan web-browser, jadi tidak perlu diinstall secara khusus. Hanya saja, aplikasi ini belum dipasarkan lebih luas, karena masih membutuhkan banyak pengujian untuk mendapatkan nilai kuantitatif yang menunjukkan perasaan seseorang pada saat dia menikmati sebuah lagu. Dengan demikian, aplikasi ini bisa bermanfaat sebagai media penyembuhan stress.