• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Briefing singkat oleh Pak Indra, HRD SCTV.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Berkeliling di lantai 10, kantor Divisi Promo SCTV.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Berkenalan dengan salah satu editor SCTV, Mas Viki.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Penyampaian materi mengenai Divisi Promo On Air oleh Mas Wildan.

 

Hari ke-1 (23 Juli 2018) : BRIEFING

Senin, 23 Juli 2018 adalah hari pertama saya, Friskila, beserta Abdi dan Ryan melaksanakan Kerja Praktek (KP) di SCTV. Lokasi kantor SCTV berada di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, SCTV Tower, Senayan City. Sebenarnya jarak yang kami tempuh hanyalah 8-9 km, namun waktu yang kami tempuh cukup lama yaitu kurang lebih memakan waktu 1 jam karena kemacetan ibukota. Sampai di SCTV Tower, kami diminta untuk menemui HRD SCTV, sebut saja Pak Indra, yang berada di lantai 19. Kemudian, kami dibriefing oleh Pak Indra mengenai teknis kerja praktek di SCTV. Setelah berbincang-bincang, kami diajak menemui Kepala Divisi Promo On Air, Pak Karianto, untuk dibimbing mengenai divisi dimana kami akan melakukan kerja praktek.

Di SCTV ini, beberapa lantai di Senayan City ini tiap bagian memiliki lantai masing-masing. Misalnya HRD berada di lantai 19, Divisi Promo di lantai 10, dan lain-lain. Kami diantar oleh Pak Indra ke lantai 10. Oiya, di lantai 10 ini terdapat beberapa ruang. Pertama, terdapat ruang promo, dimana para kru memiliki meja masing-masing untuk melakukan pekerjaannya. Kemudian terdapat MCR atau Master Control Room, yaitu tempat yang digunakan untuk mengontrol semua kegiatan penyiaran di SCTV. Lalu terdapat juga library, divisi yang bertugas menyimpan arsip tayangan di SCTV. Selain itu, terdapat tempat breakout, ruangan-ruangan milik editor dan desainer grafis, ruang voice over dan lain-lain. Kemudian, kami juga diajak berkenalan dengan kru yang berada di Divisi Promo. Kami dikenalkan dengan beberapa kru yang merupakan Produser, Production Assistant (PA), Director, Editor, Graphic Designer, Voice Over Talent, dan lain-lain.

Setelah dikenalkan dengan beberapa kru yang memiliki jobdesk di bidangnya, kami diminta oleh Pak Karianto untuk memilih di bagian mana kami akan menjalankan kerja praktek kami selama satu bulan. Saya memilih divisi Desain Grafis, bersama dengan Abdi. Kemudian, Ryan mengambil divisi Editor. Setelah beberapa jam Pak Karianto dan kru melakukan rapat, diumumkan pula siapa pembimbing kami selama Kerja Praktek di SCTV.

Hari ke-2 (24 Juli 2018) : PENUGASAN PERTAMA

Sesampainya di kantor, saya langsung menuju ke ruangan Mbak Rani, Senior Desain Grafis yang merupakan pembimbing saya. Hari kedua disambut dengan tugas pertama. Untuk divisi Desain Grafis, kami diberi tugas untuk membuat animasi logo HUT 73 RI sebagai super impose berdurasi 10 detik untuk ditayangkan di SCTV. Super Impose merupakan sebuah promo berukuran mini yang biasanya berada di pojok layar. Sebelumnya, kami juga diberi beberapa referensi serta bahan untuk dikerjakan. Untuk tugas ini, kami tidak diberi batas waktu tertentu. Namun, kami diberi tugas untuk membuat animasi super impose sebagus mungkin. Program/software yang kami gunakan adalah Adobe After Effect. Kemudian, masing-masing dari kami mengerjakan tugas tersebut.

Karena saya pribadi sudah lama tidak menggunakan Adobe After Effect, jujur saya menemui banyak kendala untuk mengoperasikan software tersebut. Sehingga saya harus mencari banyak tutorial untuk membuat suatu animasi. Di situ saya belajar untuk tekun dan berproses untuk mendalami lagi animasi menggunakan Adobe After Effect.

Hari ke-3 (25 Juli 2018) : EKSEKUSI

Melanjutkan tugas yang kemarin diberikan, saya mencoba mengimplementasikan apa yang sudah saya pelajari dari beberapa video tutorial. Setelah tiga kali mencoba, akhirnya saya berhasil menerapkan fungsi dari Trim Path, Track Matte, Card Wipe di After Effect. Walaupun dengan proses yang cukup lama, saya dapat menyelesaikan tugas pertama. Kemudian, saya menemui Mbak Rani dan Kang Tria untuk meminta penilaian super impose yang saya buat. Kemudian, Kang Tria memberi revisi untuk beberapa detik animasi yang seharusnya dihilangkan.

HARI ke-4 (26 Juli 2018): FINISHING + BRIEFING PROMO ON AIR

Hari ini saya melakukan finishing setelah diberikan revisi. Setelah saya merevisi, super impose yang telah saya buat dirender dalam format yang telah ditentukan oleh pihak SCTV. Hari itu, saya memiliki kendala dimana laptop saya tidak mampu merender file berukuran kecil, namun berukuran cukup besar. Sehingga pada saat proses pengiriman pada flashdisk membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, hal tersebut tidak menjadi kendala besar. Akhirnya saya berhasil menyelesaikan tugas pertama tersebut.

Pada malam harinya, kami diberi materi mengenai Divisi Promo On Air di SCTV. Kami dijelaskan pula tentang apa promo itu, produk-produk yang dihasilkan Divisi Promo, tim dalam Divisi Promo, proses bagaimana terciptanya suatu promo hingga siapa saja yang menjadi klien Divisi Promo.

HARI ke 5 (27 Juli 2018): PEMBUATAN ASSET ASIAN GAMES + PENUGASAN BARU

Di hari kelima ini, saya diberi tugas untuk membuat asset score board untuk Asian Games 2018 dengan menggunakan Adobe Photoshop. Asset ini dibuat terpisah tiap bentuknya dengan tiap layer yang berbeda pula. Setelah selesai dan tidak ada revisi, saya mengirim asset tersebut. Kemudian, saya diberi penugasan baru yaitu membuat bumper untuk HUT RI ke 73. Sebelumnya, saya juga diberi pula referensi bumper dari tahun-tahun sebelumnya.