Nowadays, paradigma pada jaringan mulimedia mulai berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Seperti Analog TV dan Radio Broadcasting mulai digantikan dengan Digital Broadcasting. Digital Broadcasting tersebut juga mulai digabungkan dengan Internet Broadcasting.

Beberapa fenoma perubahan telah tercatat menjadi perkembangan trend baru dibidang Teknologi Informasi sehingga akan mengubah gaya hidup serta kaidah dan kebiasaan dalam mengikuti perkembangan terkini teknologi informasi dan akan terus menjadi inovasi baru di Indonesia, yaitu

  1. Penyaluran Informasi berkembang dengan format Teknologi Multimedia
  2. Perangkat infrastruktur dan perangkat penerima yang tersebar akan menggunakanteknologi digital
  3. Jaringan Teknlogi Informasi akan terakses dengan kapasitas pita lebar (Broadband)dan nirkabel (Wireless)
  4. Telekomunikasi yang sebelumnya hanya menangkap suara berkembang menjadi sebuah informasi yang luas dengan akses gambar video, teks dan data yang tertintegrasi
  5. Konsep jaringan telekomunikasi dan informasi sepenuhnya akan diisi oleh industri konten yang sebelumnya teknologi informasi terbatas dengan sircuit switch berkembang sepenuhnya dengan IP Network dan paket switch
  6. Jangkauan komunikasi dan informasi menjadi bebas lebih dari melewati batas-batas wilayah (Transborderless)
  7. Peraturan regulasi dampak dari Teknologi Informasi menjadi terbuka dan konvergensi.

Dilihati dari segi bisnis, yang diawali dengan diluncurkan satelit DBS. Satelit ini dliuncurkan dengan tujuan untuk mendukung perkembangan bisnis di Indonesia yaitu Satelit Palapa C1 dan C2. Sebagian besar layanan satelit tersebut digunakan untuk menunjang layanan telekomunikasi dan siaran televisi. Dengan diluncurkan satelit tersebut, maka televisi dapat menampilkan suatu layanan yaitu layana interaktif antara lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Layanan telekonferensi, yaitu suatu layanan program acara televisi dimana penonton dan creator acara dapat melihat secara langsung dalam siaran acara televisi tersebut.
  2. Video on Demand ( VoD ) , yaitu suatu layanan program acara televisi dimana pemirsa atau penonton dapat memilih program acara yang diinginkan.
  3. Home Shopping, yaitu suatu acara program  yang menampilkan promosi suatu produk sehingga pemirsa atau penonton dapat melakukan pemesanan dan pembelian secara langsung
  4. Home banking, yaitu suatu program acara yang memungkinkan para orang yang ingin menabung dimana yang tidak dapat datang langsung ke kantor layanan bank dapat melakukan transaksi keuangan.
  5. Komunikasi data, yaitu program yang membutuhkan layanan internet.