• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mungkin bagi sebagian orang masih bertanya-tanya apa yang bisa dilakukan ketika memilih kerja praktik di radio. Dan saya pun pernah menjadi bagian dari mereka. Ketika saya masuk di dunia radio lebih jauh, saya mulai memahami bahwa banyak yang bisa kita pelajari melalui radio.

Pada semester lima ini saya melaksanakan kerja praktik di Radio Suara Muslim Surabaya. Radio ini memiliki beberapa cabang radio seperti di Lumajang, Tuban, dan Madiun. Hari pertama saya melakukan kerja praktik adalah pada hari Senin tanggal 23 juli 2018. Saya diharuskan untuk sampai di kantor pukul 09.00 WIB. Pada hari senin pagi kegiatan pertama saya adalah melaksanakan briefing bersama, dengan pembahasaan program yang akan dilaksanakan dalam seminggu kedepan.

Setelah selesai briefing, saya langsung menuju meja kerja saya. Saya ditempatkan bagian marketing bidang desain. Pada hari senin ini saya mendapat pekerjaan untuk membuat poster bagi mitra kerja Radio Suara Muslim. Serta membantu mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk program talkshow. Peraturan kerja di Radio Suara Muslim adalah semua karyawan wajib datang dan bekerja di kantor minimal delapan jam per hari. Sehingga apabila dihitung, jam pulang kerja saya adalah jam 17.00 WIB. Hari pertama kerja menurut saya belum terlalu banyak yang saya kerjakan.

Di hari selanjutnya saya mendapat pekerjaan untuk membuat poster salah satu narasumber dengan tujuan branding Radio Suara Muslim di media sosial. Pembuatan poster ini memakan waktu cukup lama karena terdapat banyak revisi dari klien terhadap poster yang saya buat. Dari sini saya belajar bagaimana memahami keinginan suatu klien dan tidak hanya memikirkan masalah selera pribadi. Melalui pekerjaan ini saya juga belajar bagaimana cara menangani klien, memberi masukan yang baik, serta memuaskan klien terhadap pekerjaan saya. Kemudian dihari berikutnya saya masih mendapatkan pekerjaan dibidang pembuatan poster. Kali ini saya membuat poster untuk suatu program talkshow. Untuk pekerjaan ini saya sedikit banyak telah belajar untuk memahami keinginan klien. Sehingga poster hanya mendapat masukkan dibangian tertentu saja. Pada pekerjaan ini saya dituntut lebih aktif serta mudah membaur dengan orang lain.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

 

Gambar diatas merupakan poster salah satu Program talkshow yang saya buat.