Saat melihat foto bunga seperti di gambar, terlihat bahwa latar belakangnya blur. Ini yang dinamakan efek bokeh. Efek bokeh ini menyebabkan fokus hanya pada bunga, sehingga keindahan bunga menjadi lebih menonjol karena tidak ada gangguan obyek lain.

Bagaimana bisa menghasilkan efek bokeh semacam itu?

Nah, banyak yang berpendapat bahwa efek bokeh itu hanya bisa dihasilkan oleh kamera DSLR dengan lensa yang bukaan atau difragma yang besar seperti F/1.4 atau F/2.8. Itu tidak salah, tetapi itu hanya satu faktor yang bisa digantikan dengan cara lain. Bahkan saat ini banyak smartphone yang bisa digunakan untuk mendapatkan efek bokeh.

Pendapat yang lain adalah menggunakan lensa macro. Lensa macro memang bagus untuk memotret obyek-obyek kecil dengan efek bokeh yang menawan, namun ini bukan satu-satunya pilihan karena tidak semua punya lensa ini. Bahkan hasil penelitian kecil-kecilan yang aku lakukan pada 20 orang fotografer laki-laki, hanya 4 orang yang punya lensa makro.

Ada lagi pendapat dengan memanfaatkan lensa tele dengan focal length maksimum. Cara ini juga bagus. Lensa tele adalah jenis lensa yang paling banyak dimiliki, bahkan lensa kit saja merupakan lensa tele dengan focal length 18mm-135mm. Pasang saja di angka tertinggi, letakkan fokus pada obyek bunga.

Pendapat-pendapat di atas tidak salah, tetapi ada satu hal yang merupakan dasar pembentuk efek bokeh yang tidak boleh dilupakan. Hal tersebut adalah pengaturan jarak. Efek bokeh bisa dihasilkan dengan mengatur jarak obyek dan latar belakang (b) jauh lebih panjang dari jarak kamera dan obyek (a). Kamera apapun yang dipakai, selama aturan ini dijalankan, tetap akan menghasilkan efek bokeh. Semakin jauh b dibandingkan a, maka efek bokehnya akan semakin terlihat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nah, dengan cara mengatur jarak ini, maka kita tidak perlu takut tidak bisa menghasilkan efek bokeh meskipun kita tidak punya kamera DSLR atau lensa macro. Kamera apapun bisa menghasilkan efek bokeh dengan mengatur jarak, tetapi hasil efek bokehnya juga ditentukan oleh bukaan dari lensa yang kita pakai.

Jadi efek bokeh itu bisa dihasilkan dengan memperhatikan dua parameter:

(1) Mengatur jarak b jauh lebih panjang dari a.
(2) Diafragma atau bukaan lensa.

Kalau bukaan lensa kita kecil, maka atur jarak obyek dan latar belakang menjadi lebih jauh lagi.

Silahkan mencoba.