Disini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika melaksanakan kerja praktek di KOMPAS TV Surabaya. Dimulai pada hari pertama, Senin 9 Juli 2018 Kerja Praktek di KOMPAS TV Surabaya saya mendapatkan sebuah pengenalan terlebih dahulu mengenai siapa pembimbing KP saya dan juga mengenai segala hal yang ada di dalam KOMPAS TV Surabaya. Pembimbing saya bernama bapak Luky Nur Efendi yang beliaunya bekerja sebagai teknisi jaringan dan segala peralatan yang ada di KOMPAS TV Surabaya. Selanjutnya pengenalan seluruh crew, dimana terdapat Kabiro yaitu Bapak Wachid, Mbak Rista selaku, kemudian ada program director dan editor  siaran yaitu Mas Wahyu dan Mas Bisri, Koordinator Liputan yaitu Mas Faisol dan Pak Andrian, dan video jurnalis yaitu Mbak Sinta, Mas Yudha, Mas Alvian, Mas Chilmi, dan Mbak Kyka.

            Setelah diperkenalkan dengan seluruh crew KOMPAS TV Surabaya, dilanjutkan dengan berkeliling memasuki ruangan yang di dalam kantor. Terdapat 5 ruangan utama, yang pertama yaitu ruang Kabiro, berada di samping ruang news dimana diduduki oleh Bapak Wachid dimana beliau memiliki tugas untuk melaksanakaan urusan penataan tata laksana evaluasi kerja serta tata usaha rumah tangga biro KOMPAS TV Surabaya. Kedua yaitu ruang eksekutif produser dimana disini diduduki oleh Mbak rista yang sekaligus menjabat sebagai korda (Koordinator daerah) KOMPAS TV Surabaya. Kemudian yang ketiga yaitu ruang HRD dan ruang make up, dimana ruangan ini merupakan pusat service informasi yang kemudian berkaitan dengan hubungan luar KOMPAS TV , serta terdapat ruang make up yang berguna bagi para presenter mempersiapkan diri sebelum siap untuk on air siaran berita KOMPAS JATIM. Ruang news yaitu ruangan dimana sering digunakan untuk proses pembuatan naskah dan editing video. Ruang server meruakan ruangan yang menjadi pusat server dalam proses clip on produksi siaran yang terdapat beberapa peralatan peralatan penting didalamnya. Dan terakhir yaitu ruang produksi dimana ruangan tersebut merupakan ruangan on air program siaran berita KOMPAS JATIM.

            Kemudian kami diperkenalkan segala macam peralatan yang ada didalam ruang produksi, ruang server serta ruang news beserta  fungsinya. Disini kami juga langsung diajarkan bagaimana cara mengoperasikannya dengan simulasi secara langsung. Pada ruang produksi, terdapat green screen yang nantinya digunakan untuk diubah sesuai dengan background yang akan digunakan pada siaran program berita KOMPAS JATIM. Terdapat 3 kamera JVC yang berguna untuk merekam gambar dan audio presenter. Dua kamera digunakan pada saat proses record dan menggunakan tiga kamera sekaligus apabila terdapat siaran secara live. Kemudian selanjutnya beralih diruang server, dimana terdapat CCU (Camera Control Unit) dimana mengacu pada berbagau peralatan dan operasional dengan fungsi pengendalian kamera. Selanjutnya terdapat audio mixer yang berfungsi mengontrol audio. CG (Character Generic) sebuah software yang memunculkan serangkaian kata yang kemudian akan muncul di layer, yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai nama tokoh, judul, nama peristiwa, lokasi kejadian, nama presenter, dan informasi penting lainnya yang perlu ditampilkan. Disini juga menggunakan software TELE 2.2 yang berfungsi untuk menyusun play list video yang akan digunakan pada saat program siaran KOMPAS JATIM berlangsung. Software  EZPrompt yang digunakan untuk memasukkan lead naskah yang akan dibaca oleh presenter yang kemudian akan muncul dilayar promter kamera. Di ruang server ini juga terdapat beberapa alat seperti switcer, LCD TV, beberapa monitor dan peralatan lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ruang Studio Produksi

            Setelah kami mulai paham mengenai berbagai peralatan dan juga fungsi serta cara pengoperasiannya. Selanjutnya kami di briefing untuk pembagian jobdesk bekerja. Disini tidak hanya kami mahasiswa magang yang ada di KOMPAS TV Surabaya. terdapat mahasiswa dari kampus lainnya yang juga magang di KOMPAS TV Surabaya. dikarenakan banyak mahasiswa yang magang yaitu 11 orang maka demi efektifitas bekerja maka pak Luky membagi kami menjadi dua shift kloter dimana terdapat shift pagi yang dimulai pukul 10.00 WIB hingga 16.30 WIB dan shift siang yang dimula pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dan disini kami mendapat jatah shift siang. Dikarenakan hari ini merupakan hari pertama kami memulai magang, maka kami hanya ditugaskan untuk belajar bagaimana mengoperasikan software dan peralatan yang ada.

            Setiap pukul 15.00 selalu terdapat clip on record program siaran berita KOMPAS JATIM yang akan ditayangkan pada besok hari setiap pukul 06.00 WIB  ditelevisi. Segala persiapan siaran dimulai pada pukul 14.00 WIB. Dimulai dengan mempersiapkan randown dan lead naskah yang telah dibuat semalam sebelumnya dan disusun di dalam software EZprompt, video berita yang sudah sesuai dengan format video yang digunakan yang selanjutnya di susun sebagai playlist pada TELE 2.2. dan juga memasukkan serangkaian kata pada CG (Character Generic) sesuai dengan lead yang ada. Lead merupakan istilah naskah berita yang akan dibaca oleh presenter yang telah disusun sesuai dengan format. Menyalakan semua peralatan seperti audio mixer, layer LCD TV, switcer, kamera dan CCU. setelah kamera dan semua peralatan sudah menyala, selanjutnya yaitu mengetur white balance kamera melalui CCU. Setelah semua siap maka tepat pukul 15.00 PD (Program Director) akan memasuki ruang server dan akan memulai untuk proses siaran liputan berita KOMPAS JATIM. Didalam program siaran berita KOMPAS JATIM terdapat dua presenter yaitu Wira Ananta dan Vina Putri yang akan membawakan berita acara KOMPAS JATIM.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tampilan CG (Character Generic)

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tampilan TELE 2.2 dalam pembuatan playlist

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Proses pengoperasia EZPrompt

            Pada hari selanjutnya yaitu Selasa, 10 Juli 2018. Saya Bersama dengan teman-teman memulai untuk kerja praktek hari kedua yang dimulai pada pukul 14.00 WIB. Disini kami langsung melakukan segala persiapan liputan siaran berita KOMPAS JATIM sesuai hari sebelumnya, dan saya memiliki jobdesk untuk mengoperasikan software EZPrompt. Setelah selesai, yaitu tepat pada pukul 16.30 kami harus memastikan seluruh peralatan mati dan dikembalikan seperti semula. Kemudian kami istirahan sejenak. Dilanjutkan dengan suasana dimalam hari, disini kami di ajarkan bagaimana cara mengedit video berita yang telah diliput oleh para video jurnalis. Kami menyatukan beberapa video yang terpisah sesuai dengan naskah yang ada dan format yang ada. Terdapat tiga format video, yaitu VO, VO-SOT dan PKG. Voice Over atau VO adalah berita yang seluruh naskah  atau narasinya dibaca oleh presenter. Dengan perkataan lain, presenter membacakan lead sekaligus tubuh dan ending. Berita VO kita tulis jika kita mendapatkan gambar suatu peristiwa atau suasana. Informasi yang kita peroleh juga relative lebih banyak. Voice Over – Sound on Tape (VO-SOT) Merupakan gabungan antara VO dan SOT. Dengan kata lain, dari sisi gambar, VO-SOT adalah gabungan antara gambar suasana atau peristiwa dan gambar narasumber yang diwawancarai. SOT atau pernyataan narasumber berfungsi memperkuat VO atau peristiwa. Sesuai Standar internasional, berita televisi yang berakhir dengan SOT. Berita paket atau package (PKG) adalah format berita televisi yang lengkap. Berita paket sekurang-kurangnya terdiri atas gambar suasana, narasi voice over (dubbing), rekaman wawancara (sound on tape / sound bites), suara atmosfir atau natural sound (suara-suara alami yang tertangkap mic kamera). Berita paket yang lebih lengkap, selain gambar suasana, narasi yang di dubbing, natural sound, juga dilengkapi dengan grafik serta reporter yang tampil didepan kamera (on camera). Lead dibacakan oleh presenter, dan tubuh berita dibacakan oleh dubber. Dalam proses mengedit video, kami menggunakan software Adobe Premiere Pro CS6. Dalam proses mengedit video dalam format PKG (Package), kami harus melalukan dubbing voice over terlebih dahulu sesuai dengan lead naskah yang telah dibuat.

            Dalam editing video yang diperoleh dari VJ (Video Jurnalis), terdapat dua tipe video yaitu video yang digunakan untuk lokal dimana akan disiarka dalam proses typing besok pada saat clip on siaran berita KOMPAS JATIM dan juga video yang untuk kemudian akan dikirim ke Jakarta (KOMPAS JATIM PUSAT). Selain editing video kami juga diajarkan bagaimana cara mengedit dan menyusun lead naskah yang kemudian akan dibaca oleh presenter. Kami juga diajarkan untuk membuat rundown program siaran berita, serta menentukan kalimat CG yang akan ditampilkan dalam proses penyiaran berita acara KOMPAS JATIM. kami juga diajarkan bagaimana cara untuk mendownload video dari server FTP (File Transfer Protokol) yang sudah disetting oleh KOMPAS TV untuk menghubungkan dengan KOMPAS TV seluruh daerah yang ada di Jawa Timur dan KOMPAS TV Pusat. Pada hari- hari selanjutnya kami menjalankan rutinitas yang sama seperti hari sebelumnya, hanya berbeda pada hari Jumat kami tidak melakukan typing clip on siaran liputan berita KOMPAS JATIM namun kami melakukan siaran program berita KOMPAS Jatim Sepekan yang dipresenteri oleh bapak Wachid. disini kami mulai merasa nyaman dan terbiasa akan pekerjaan kami. Ditambah lagi dengan para crew KOMPAS TV Surabaya yang asik dan menyenangkan.