Belajar Adobe Premiere Pro Tentang Teknik Dasar Editing Video

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Adobe premiere merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk proses editing video. Selain itu, program ini juga digunakan oleh para profesional untuk mengolah video mereka yang pastinya bisa menampung ide kreativitas dan disalurkan dengan membuat video. caranya yaiku sebagai berikut.

Membuka Lembar Baru Adobe Premier

Layaknya menggunakan program-program lainnya yang ada dikomputer. Membuka lembar baru Adobe Premier juga cukup mudah. Kalian tentunya sudah pernah membuka program-program seperti Microsoft word, Microsoft PowerPoint, Corel Draw, dan lain sebagainya, langkah dalam membuka program editing video ini juga tidak jauh berbeda dengan cara membuka program-program yang saya sebutkan tadi. Ikuti langkah berikut untuk membuka lembar kerja baru di Adobe Premier.

  1. Buka Aplikasi Adobe Premier Pro. yang pasti, kamu harus mempunyai aplikasi Adobe Premier Pro terlebih dahulu bila ingin menggunakannya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Klik Menu “New Project”. Pilihan new project ini digunakan untuk membuat proyek baru untuk memulai proses editing kalian. Selain menu new project juga terdapat menu Open Project yang digunakan untuk melanjutkan hasil editing video yang sebelumnya telah kita buat atau kerjakan.
  3. Ganti Nama Project di Menu General. Setelah kalian klik new project munculah tampilan menu General, pada bagian ini ganti nama project karya video kamu pada kolom name dan atur lokasi penyimpanan supaya file karyamu mudah ditemukan.
  4. Klik Menu Scratch Disk untuk Mengatur Lokasi Penyimpanan. Pada menu tersebut yang terletak disebelah menu General atur lokasi penyimpanan yang diinginkan. Di menu Acratch Disk itu terdiri dari empat opsi atau pilihan yang terdiri dari berikut ini : Captured Video, Captured Audio, Video previews, dan audio previews ganti lokasi penyimpanan dengan mengklik tombol “Browse” untuk nempatin pada folder yang dipilih untuk menyimpan hasil editing video.
  5. Setelah mengganti nama pada menu general dan mengubah lokasi penyimpanan pada Scractch Disk, kemudian klik OK.
  6. Kita lanjut pada langkah selanjutnya setelah kita klik OK, akan muncul kotak dialog lagi. Pada tahap ini kita hanya perlu mengubah nama video yang diinginkan pada kolom Sequence Name. Projectpun siap digunakan untuk proses editing.

 Mengimport Foto, Video, dan Audio

Setelah berhasil buat lembar kerja atau project baru di Adobe Premier Pro, yang pasti kamu ingin segera berkreasi gunain dan ngisi lembar kerja tersebut iya kan. Kamu bisa mulai lembar kerjamu dengan cara masukin gambar, musik, atau konten lainnya ke dalam lembar kerja. Proses ini disebut dengan ngimport media, kamu bisa ngikuti langkah-langkah di bawah untuk ngimport media ke dalam projectmu:

  1. Klik kanan pada lembar kerja projectmu, lalu klik import.
  2. Setelah kamu klik pilihan Import nanti akan nampilin dialog, yang mana kamu bisa milih jenis media apa aja yang kamu ingin masukan dalam projectem.
  3. Pilih media apapun saja yang kamu inginkan seperti foto, audio, dan video. Setelah kamu telah nentuin pilihan konten yang akan kamu import, langkah selanjutnya itu klik OK.
  4. Setelah itu otomatis konten media akan masuk ke dalam lembar projetmu.
  5. Selanjutnya kamu tinggal ndrag dan naruh media yang kamu import tadi ke dalam lembar editing video.
  6. Proses import mediapun telah selesai dilakuin

 Memotong Durasi Video

Editing video merupakan proses ngedit suatu video agar sesuai dengan konsep awal pembuatan video. Selama proses pengambilan video tentu tidak semua hasil rekamannya bagus, ada video yang durasinya terlalu lama dan diluar konsep kita. Disinilah kita harus motong videoem agar tidak ngganggu kelancaran adegan lain yang telah dikonsepin dengan cara milih menu tools razor pada Panel Tools, atau teken tombol C pada keyboard, dan tentuin daerah yang ingin dipotong. Potong pada daerah yang ingin dipotong, hasilnya video akan menjadi dua bagian.

Cara Menghapus Video

Tidak semua hasil rekaman video memuaskan dan bagus. Oleh karenanya kita harus menghapus rekaman video yang mempunyai kualitas buruk dengan cara klik kanan pada bagian video yang ingin dihapus kemudian pilih clear. Bagian yang tidak ingin ditampilkanpun sukses terhapus dari video.

Memberi Teks Video

Video akan lebih mudah dipahamin bila editor nyediain teks didalamnya sehingga penonton bisa lebih mahami dan mendalami isi video yang disampain. Cara menyisipin teks dalam videopun juga cukup mudah, yaitu:

  1. milih menu title di Top Menu.

 Memberi Efek Transisi

Efek transisi digunain untuk mempercantik video yang bisa dilakuin dengan cara Klik menu Effect, dan milih video transition. Kemudian milih jenis effect yang diinginkan dan drag pada video yang akan diberi efek transisi.

Me-Render Video

Render merupakan tahap akhir dalam editing video dan bisa mengaruhi kualitas video saat dieksport. Kita bisa ngerender hasil editing dengan cara klik menu Sequence di Top Menu, lalu pilih render effect in work area. Hasil editingpun berhasil kalian render.

Mudah kan belajar editing khususnya editing menggunakan program Adobe Premium ituu. Kunci sukses agar mahir editing hanya satu ya itu blajar dan trus latihan ngedit. Asah kemampuan editingmu dengan banyakin latihan editing video dengan begitu kamu akan makin mahir dalam ngedit video. Selamat belajar editing dan berkreasi dengan video editing ini yaa.