• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang terdapat Real Time Communication yang semakin mudah digunakan tanpa memerlukan installasi pada sebuah aplikasi seperti skype. Real Time Communication seperti WebRTC membuat pengguna dapat berkomunikasi dengan video call langsung dari browser.

WebRTC mengizinkan pengguna akses menuju perangkat keras untuk dapat mengakses mikrofon, kamera dilaptop ataupun handphone. WebRTC tersedia di beberapa browser seperti Chrome, Firefox, Opera, dan Microsoft Edge.

Disisi lain kecanggihan WebRTC diketahui terdapat Bug. Bug (kekutu) ini dapat merekam video dan audio pengguna tanpa diketahui oleh pengguna.

Bug ditemukan oleh developer AOL, Ran Bar-Zik. Ran Bar-Zik menemukan bug ketika menangani situs yang menjalankan teknologi WebRTC. Bar-Zik berpendapat bahwa pengguna cenderung mengeklik izin tanpa membaca atau memahami dengan benar apa yang mereka setujui. Sehingga, hal ini berpontensi memberi jalan kepada peretas untuk melancarkan serangan yang lebih canggih.

Kekhawatiran terhadap adanya bug ini dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan meminta ke pengguna berupa uang. Karena bug ini memungkinkan perekaman dilakukan tanpa menampilkan petunjuk visual.

Tapi jangan khawatir terhadap adanya Bug ini pada WebRTC guys!

Karena anda dapat melacak bug yang relevan dengan WebRTC yaitu :

crbug.com – untuk Chrome

bugzilla.mozilla.org – untuk Mozilla

bugs.opera.com/wizard – untuk Opera

bugs.webrtc.org – untuk kode asli WebRTC

Jadi, kamu tetap dapat dengan nyaman menggunakan WebRTC dengan teman-teman kamu yang sangat open source ini yang bisa digunakan dibrowser-browser favoritmu dan bisa melakukan pembicaraan yang penting sekalipun. (lj)