Musik merupakan susunan suara yang sedemikian rupa sehingga mengandung suatu irama, lagu serta keharmonisan yang dihasilkan dari alat-alat tertentu. Musik juga merupakan kebutuhan ekspresif manusia, dimana adanya musik dapat mempengaruhi emosional seseorang seperti senang/bahagia, semangat, sedih, terharu dan ekpresi lainnya. Pada dasarnya, musik adalah salah satu bentuk seni. Musik tidak hanya dimainkan secara analog, namun juga direkam secara digital sehingga dapat diputar/dimainkan setiap saat. Seiring berkembangnya teknologi jaringan multimedia, musik direkam dengan mengandalkan teknologi digital menggunakan alat musik asli seperti gitar, piano, keyboard, drum dan lain-lain. Kemudian, musik diolah dengan proses mixing atau penggabungan untuk harmonisasi musik dengan menggunakan software-software tertentu. Saat ini musik digital berkembang dengan sangat pesat hingga bisa dinikmati secara online, salah satunya dengan cara streaming. Hal ini menjadi peluang bagi perusahaan platform-platform musik untuk membuka usaha layanan streaming musik. Di Indonesia, beberapa aplikasi streaming musik berikut sangat digemari:

1. Spotify
Spotify merupakan aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik, podcast dan video komersial milik Swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Spotify mempunyai fitur dimana pengguna dapat mendengarkan musik secara gratis dan berbayar. Diluncurkan pada September 2008 oleh Swedia startup Spotify AB, Spotify berhasil meraih 75 juta pengguna aktif hingga saat ini, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar. Spotify baru diluncurkan di Indonesia pada tanggal 30 Maret 2016. Spotify memperoleh pendapatan dari penjualan langganan streaming untuk pengguna premium dan penempatan iklan kepada pihak ketiga. Spotify menawarkan pengiklan tujuh jenis iklan yang dijelaskan dalam spesifikasi iklan seperti Audio Ads, Iklan Display, Iklan Billboard, Pengambilalihan Homepage, Playlist Branded, Lightbox. Iklan audio berjalan maksimal 30 detik diantara trek streaming. Spotify dapat digunakan pada berbagai macam platform seperti Android, iOS, Windows, OS X, dan lain-lain.

2. JOOX
JOOX merupakan aplikasi layanan streaming musik legal melalui internet. JOOX diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok, yang juga menciptakan aplikasi instant messaging, WeChat. JOOX tersedia dalam bentuk mobile app (Android dan iOS) serta situs web. Para pengguna dapat mendengarkan lebih dari juta lagu serta playlist pilihan lokal dan internasional secara gratis. Pengguna juga dapat mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. JOOX diluncurkan di Indonesia pada bulan Oktober 2015 dengan mengusung slogan “Live Your Music“. Fitur-fitur yang disediakan berupa koleksi musik, JOOX Radio, rekomendasi playlist, JOOX Top Chart, personalisasi musik, serta real-time sharing. Untuk fitur berbayar, JOOX VIP hadir diperuntukkan untuk pecinta musik sejati dimana para pengguna JOOX dapat menikmati layanan ekstra seperti “Play On-demand“, mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. Pengguna juga diberikan kualitas streaming terbaik. Fitur lainnya berupa unlimited song skips, bebas iklan serta fitur “Auto-Download”, dimana JOOX akan langsung mengunduh musik yang ditambahkan ke dalam playlist secara otomatis ketika terhubung koneksi Wi-Fi.

3. SoundCloud
SoundCloud adalah aplikasi sejenis jejaring sosial berbasis musik. SoundCloud mendistribusikan musik secara online yang memungkinkan kolaborasi promosi, dan distribusi dari rekaman suara. SoundCloud pada awalnya dibuat di Stockholm, Swedia namun mulai resmi didirikan di Berlin, Jerman pada bulan Agustus 2007 oleh Alexander Ljung dan Eric Wahlforss. SoundCloud memiliki fitur utama dimana seniman mampu mengupload musik mereka dengan URL khusus. Soundcloud mendistribusikan musik menggunakan widget di situs web atau blog mereka sendiri. SoundCloud dapat dikombinasikan dengan Twitter dan Facebook. Secara otomatis SoundCloud akan membuat postingan setiap musik atau track yang diupload. SoundCloud memiliki API yang memungkinkan aplikasi lain atau perangkat lain untuk mengupload atau mendownload musik dan file suara. Pengguna diberikan kuota gratis 90 menit suara unggahan. SoundCloud juga memberikan fitur lebih untuk pengguna SoundCloud Pro dan SoundCloud Pro Unlimited. Jika pengguna memilih fitur SoundCloud Pro, maka akan diberikan durasi selama 4 jam. Jika pengguna memilih SoundCloud Pro Unlimited, maka akan diberikan durasi tak terbatas oleh SoundCloud.

Jadi bagaimana dengan pembaca? Yang mana aplikasi layanan streaming musik kesukaan Anda? (fsk)