Disini kita belajar apa itu jaringan multimedia terlebih dahulu. Jaringan (jaringan komputer) adalah perangkat atau komputer yang saling terhubung yang memungkingkan untuk berkomunikasi antar perangkat. Media jaringan komputer dapat melalui kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless) sehingga pengguna dapat saling melakukan pertukaran informasi seperti dokumen dan data. Sedangkan multimedia adalah perangkat atau komputer yang daptat digunakan untuk membuat dan menggabungkan text, grafik, audio, video, dan animasi dengan menggunakan link dan peralatan yang mana pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, dan saling berkomunikasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa Jaringan Multimedia adalah penggunaan komputer yang saling terhubung yang berfungsi menngabungkan teks, grafik, audio, video, serta animasi dengan menggunakan link dan peralatan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi dan berkomunikasi satu sama lain.

Multimedia memiliki empat komponen penting diantaranya adalah komputer yang saling berkoordinasi. Link yang terhubung dengan informasi. Alat navigasi yang dapat menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Multimedia menyediakan tempat mengumpulkan, memproses dan menyebarkan informasi.

Adapun contoh penerapan menyangkut jaringan dan multimedia yaitu Media Streaming, yang mana media streaming sendiri merupakan media digital (berupa video, suara dan data) yang bisa diterima secara terus-menerus (stream) oleh pengguna. Dimana pada mesdia streaming data akan dikirim dari sebuah server aplikasi kemudian diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer pengguna streaming. Ada juga jenis-jenis streaming diantaranya adalah Live Streaming, yang mana data yang dikirimkan langsung kepada pengguna dari broadcaster yang melewati streaming server dan On-Demand Streaming, dimana data dari broadcaster disimpan terlebih dahulu ke dalam streaming server, baru kemudian diakses oleh pengguna.

Di atas hanya sebagian kecil dari jaringan multimedia. Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan dasar tentang jaringan multimedia.