Kompetisi dunia pendidikan di era pasar bebas semakin ketat sehingga diperlukan strategi dalam menciptakan perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan berdaya saing. Berbagai strategi diterapkan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya untuk menyongsong World Class Polytechnic diantaranya adalah peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. Perpustakaan sebagai pusat sumber informasi memiliki peran vital dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi. Dukungan tersebut diwujudkan dalam penyediaan sumber informasi dan referensi bagi civitas academica.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Suasana di Perpustakaan Pascasarjana PENS

Perpustakaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menyediakan koleksi cetak dan non-cetak yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Koleksi cetak yang dimiliki perpustakaan terdiri dari buku, modul ajar atau diktat, jurnal nasional dan internasional, prosiding, tugas akhir (TA) dan tesis. Selain buku-buku teknik penunjang pendidikan dan pengajaran, perpustakaan juga menyediakan koleksi hiburan berupa novel, buku hobi seperti fotografi dan bisnis online, serta menyediakan majalah serta koran nasional maupun internasional. Hal tersebut sesuai dengan pemenuhan fungsi rekreasi pada perpustakaan. Keseluruhan koleksi tersebut dapat diakses melalui katalog digital perpustakaan dengan alamat https://mis.eepis-its.edu/. Selanjutnya yaitu koleksi non-cetak yang dimiliki perpustakaan terdiri dari e-book dengan alamat http://ebook.pens.ac.id/ dan e-journal IEEE yang memiliki alamat https://ieeexplore.ieee.org/Xplore/home.jsp.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perpustakaan D4 PENS

Perpustakaan selalu berupaya untuk meningkatkan layanan prima dengan mengadakan layanan inovatif secara online kepada civitas academica melalui https://mis.eepis-its.edu/. Layanan tersebut meliputi layanan pemesanan pembelian buku baru, layanan pemesanan peminjaman buku, dan layanan upload atau unggah tugas akhir (TA) dan tesis. Layanan pertama yaitu layanan pemesanan pembelian buku baru yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam mengajukan usulan buku baru yang dibutuhkannya secara online yang selanjutnya dapat diproses oleh perpustakaan untuk diadakan pada tahun yang akan datang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Koleksi Perpustakaan PENS

Selanjutnya, layanan pemesanan peminjaman buku yang bertujuan untuk membantu pengguna memesan buku yang sedang dipinjam oleh pengguna lain. Jika buku yang terpinjam tersebut sudah dikembalikan, maka pengguna yang telah memesan buku mendapat prioritas untuk menjadi peminjam selanjutnya. Layanan ketiga yaitu layanan upload tugas akhir melalui aplikasi berbasis web dengan alamat https://www.pens.ac.id/uploadta/login.php. Aplikasi upload tugas akhir bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa untuk mengurus administrasi dan pengelolaan tugas akhir secara digital sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan surat bebas pinjam perpustakaan yang dapat dipergunakan untuk salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa serta syarat pengambilan transkip nilai.

Perpustakaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mengoptimalkan kegiatan pelayanan tidak hanya secara virtual tetapi juga secara fisik kepada civitas academica. Hal tersebut didukung dengan adanya tiga gedung perpustakaan yang terdiri dari Perpustakaan D3, Perpustakaan D4, dan Perpustakaan Pascasarjana. Penamaan perpustakaan tersebut mencerminkan di gedung mana perpustakaan tersebut didirikan. Keberadaan perpustakaan pada masing-masing gedung tersebut memiliki tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan informasi tiap jenjang pendidikan civitas academica serta memberikan kemudahan akses dan memaksimalkan pelayanan pengguna sehingga nantinya akan berpengaruh pada kepuasan pengguna serta peningkatan citra positif Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dalam menyongsong World Class Polytechnic.

 

Amira Oribia – Librarian