Halooo temen-temen, gimana kabarnya? Semoga sehat dan bahagia selalu ya. Perkenalkan aku Raay Rafikasitha dari kelas 4 D4 Elektronika B. Disini aku ingin bercerita mengenai Faktor X atau kelebihan yang ada dalam diri.

Kebanyakan dari kita terlalu fokus pada kekurangan yang dimiliki, sampai akhirnya sulit untuk mengenali dan menemukan kelebihan diri. Dalam suatu kondisi ketika ditanya apa kekurangan yang ada dalam dirimu ? Kita dapat dengan mudah untuk menyampaikan kekurangan yang kita miliki, tidak hanyak satu, melainkan mampu menyebutkan lebih dari satu. Namun hal ini berkebalikan ketika kita dihadapkan dengan pertanyaan, Apa kelebihanmu ? Kita akan bingung bahkan berpikir lama banget untuk menyebutkan apa kelebihan yang kita miliki. Sampai pada akhirnya pikiran kita balik lagi fokus memikirkan kekurangan yang ada.

Karena kita terlalu fokus pada kekurangan, bahkan seringkali yang terjadi kita cenderung mengabaikan kelebihan yang ada atau bahkan tidak tahu apa kelebihan yang kita miliki. Dampaknya kita jadi insecure, tidak percaya diri, dan sering merasa tidak puas atas pencapaian yang telah berhasil kita capai.

Kelebihan atau dalam pembahasan ini akan disebut sebagai “Faktor X” bukan hanya berasal dari bakat, namun ketika kita merasa enjoy untuk menjalani sebuah aktifitas dan sampai pada akhirnya terdapat rasa kepuasan saat dan setelah menjalani aktifitas tersebut maka itu adalah kelebihan yang kita miliki.

Dalam hal ini aku ingin bercerita tentang kelebihan atau “Faktor X” yang aku punya. Menurutku sekaligus pendapat sekitar, aku adalah seorang yang suka dan bisa menyanyi. Ketertarikan di dunia musik dimulai semenjak SMP, dimulai dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler band, yang mana pada saat itu aku sebagai gitaris hehe. Awal mulanya aku tidak percaya diri dengan kemampuan menyanyiku sendiri, hal ini karena range suaraku yang tergolong rendah untuk seorang wanita. Namun saat ada seleksi untuk mengikuti FLS2N untuk cabang solo vokal, justru aku terpilih sebagai wakil dari sekolah, dari rangkaian seleksi yang dilakukan oleh beberapa partisipan lainnya. Di SMA aku juga bergabung bersama temen-temen yang lain dan mendirikan sebuah band dan kami aktif untuk mengikuti perlombaan. Begitu pula saat kuliah di semester 1 dan 2 tergabung di UKM musik dan Alhamdulillah bisa mengikuti Festival Budaya di Universitas Airlangga, dan kami mendapatkan juara 3.

Kelebihanku yang lain menurut pendapat temen-temen, aku adalah orang yang mandiri, hal ini mungkin dipengaruhi karena aku anak pertama yang dituntut untuk mengurus ini itu sendiri, termasuk saat proses pendaftaran sekolah dan kuliah serta sudah terbiasa hidup sendiri atau kost sejak SMA. Selain itu aku termasuk orang yang terstruktur, menyukai hal yang sudah runtut alurnya, sehingga dalam hal ini aku sering membuat to do list pekerjaan yang harus dilakukan setiap harinya.

Mulai dari sekarang lebih kenali diri sendiri, lihat kelebihan dan potensi yang ada. Melihat kekurangan itu sah-sah saja namun kekurangan dan rasa insecure itu harus dijadikan motivasi untuk meningkatkan value diri, karena insecure akan memunculkan keresahan, dan keresahan akan menjadi pacuan untuk berkembang. Nggak semuanya yang kamu perjuangkan hari ini harus langsung dapat jawabannya hari ini juga. Bibit yang disiram hari ini, nggak akan langsung tumbuh keesokan harinya. Nggak semua perjuangan berbuah dengan cepat, karena hal baik butuh waktu. Tetap semangat.