• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
Love and Believe in yourself

Jati diri merupakan gambaran dari diri kita baik itu berupa sifat, watak, perilaku, bahkan ciri khas yang membedakan diri kita dengan orang lain. Seringkali kita melupakan pentingnya mencari jati diri kita sendiri karena kita sibuk dengan mengamati dan meng-copy orang lain. Maka dari itu pentingnya memahami faktor X dari dalam diri kita baik itu yang kita sadari maupun yang hanya disadari oleh orang lain supaya kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat mengembangkan potensi kita.

Faktor X yang saya sadari di dalam diri saya yaitu saya fokus pada tujuan saya. Hal ini dikarenakan menurut saya sangat penting melihat akhir atau tujuan kita sehingga kita dapat menarik mundur apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mencapai goal terebut. Namun, terkadang tujuan yang hendak dicapai mulai goyah karena sifat pesimis sehingga perlu dilakukan evaluasi dalam diri saya sendiri.

Selain fokus pada tujuan, saya juga memiliki bakat menari. Saya rasa tidak semua orang dapat mengikuti tempo lagu ataupun menari dengan lincah sehingga saya merasa ini kelebihan yang unik dan perlu saya kembangkan baik itu menjadi hobi yang bermanfaat ataupun menjadi hal positif lainnya.

Faktor X terakhir yang saya sadari yaitu saya cheerfull dalam artian dalam keseharian saya sangat periang dalam bergaul dengan teman-teman saya. Menurut saya, faktor X ini dapat membuat saya menjadi lebih mudah berbaur dengan lingkungan yang baru. Namun bukan berarti saya tidak merasa sedih tetapi lebih ke arah menyambut hari dengan senyuman dan akan ada cerita baru yang menyenangkan di setiap harinya.

Selain faktor X yang saya sadari sendiri terdapat faktor X yang disadari oleh teman sekitar saya sedangkan saya sendiri tidak menyadarinya seperti saya kreatif. Menurut mereka saya selalu ingin tampil berbeda dan unik dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan editing. Ya, memang kalau saya pikir-pikir kembali hal yang disampaikan teman-teman memang relate sekali karena saya sangat suka menambahkan sesuatu yang estetik atau nilai lebih.

Itu adalah faktor-faktor X yang ada di dalam diri saya yang saya rasakan dan yang dilihat oleh orang sekitar saya. Dengan mengenali faktor X yang ada dalam diri saya, ini akan menjadikan saya lebih mengenali potensi dan jati diri saya untuk mengembangkan dan mengarahkan diri saya pada passion atau ranah professional yang sesuai. Sehingga, mengenali diri melalui pemahaman faktor X ini membuat kita jadi lebih paham dan mengenali potensi diri kita masing-masing.

Dengan memahami potensi di dalam diri, kita akan menjadi lebih mencintai diri kita sendiri dan meyakini diri kita sendiri bahwa kita memiliki kelebihan dan potensi yang besar dan dapat dikembangkan.

“To Travel Is To Take A Journey Into Yourself”

Danny Kaye