SBMPN Politeknik 2021
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
SBMPN Politeknik 2021

UMPN yang bertransformasi

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri, atau yang biasa disebut SBMPN, merupakan salah satu jalur masuk politeknik negeri yang ada di Indonesia. Awalnya, seleksi SBMPN politeknik ini bernama Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Kemudian, panitia pusat dan politeknik-politeknik negeri mengubah namanya menjadi SBMPN dengan beberapa pertimbangan. Walaupun mengalami perubahan nama, mekanisme dan proses seleksi pada jalur masuk politeknik ini tetap sama dengan UMPN yakni menggunakan tes tulis.

SBMPN paling banyak diminati siswa

Pada tahun 2020, SBMPN merupakan jalan yang paling diminati oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke politeknik. Mengapa? Karena pelaksanaan SBMPN tahun lalu menggunakan nilai akademik dan prestasi siswa (portofolio) dalam sistem seleksinya. Dr. Zainal Arief selaku ketua panitia SBMPN 2020 menyampaikan bahwa seleksi portofolio dipilih dengan beberapa pertimbangan. Pertimbangan utamanya ialah adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi mekanisme seleksi mahasiswa baru.

Tidak hanya itu, SBMPN juga memberikan kesempatan yang lebih luas dibandingkan dengan jalur masuk politeknik yang lainnya. Jalur ini membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang lulus dua tahun terakhir. Selain itu, faktor nilai Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang beragam juga menjadi faktor pendukung mengapa jalur masuk politeknik ini banyak diminati. Biaya pendaftaran yang cukup rendah juga menarik minat siswa untuk masuk politeknik, yakni sebesar Rp150.000,-.

Bagaimana dengan tahun ini?

Jujur, pelaksanaan SBMPN politeknik tahun ini masih menimbulkan banyak pertanyaan. Hingga hari ini per tanggal 26 April 2021, terdapat beberapa politeknik negeri yang sudah menggaungkan bahwa SBMPN akan dilaksanakan dengan mekanisme tes tulis. Sebagai contoh, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, hingga Politeknik Negeri Bengkalis sudah mendeklarasikan hal tersebut melalui website resminya, begitu juga dengan timeline/jadwal pendaftarannya. Inilah timeline pendaftaran SBMPN politeknik 2021.

Timeline Pendaftaran SBMPN Politeknik 2021

Pendaftaran   : 10 Mei – 10 Juni 2021

Pelaksanan    : 12 Juni 2021

Pengumuman : 19 Juni 2021

Memang, semua politeknik masih belum ada yang menyatakan mekanisme dan hal teknis lebih lanjut mengenai SBMPN tahun ini. Entah pelaksanaannya secara langsung di lokasi ujian atau secara daring, hal itu masih belum disampaikan. Perlu diketahui juga, SBMPN tahun ini hanya ditujukan bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma III. Apabila ingin ke jenjang Diploma IV/Sarjana Terapan, politeknik masih menyediakan jalur SBMPTN dan seleksi mandiri yang dapat dicoba. Akhir kata, siapkah kalian untuk jadi bagian politeknik negeri 2021? (ews)