Di suatu lembaga yang terletak di ujung timur pulau madura bernama yayasan al-hasaniyah assyafi’iyah sejak berdirinya sampai saat ini di tahun 2021 lembaga tersebut masih belum mempunyai data Eletronik sama sekali dengan beberapa puluhan tahun berdirinya.

Semua anggota baik itu guru atau pun siswa nya dalam melakukan kegiatan belajar mengajar masih tetap menggunakan secara manual sampek data administrasi dan hal sebagainya. Melihat dari hal itu semua pekerjaan akan sangat lama

Perkembangan eletronik di zaman ini sudah menyeluruh tidak memandang itu desa atau kota. dengan di buatkan suatu media berbasis eletronik teruma para guru akan lebih mudah dalam mengurus administrasi sekolahnya. maka dari hal itu semua pada tahun ini ada seorang mahasiswa yang meng-survey lembaga tersebut untuk melakukan penelitian apa saja masalah yang ada. Dengan itu sang peneliti akan menemukan masalah yang terjadi dan akan memberikan solusi terhadap lembaga itu.

saya kutip dari penilit bahwa akan di buatkan sebuah aplikasi untuk mengdukung penunjang kegiatan sekolah di lokasi itu dengan nama aplikasi media pembelajaran. Aplikasi ini ada beberapa fitur yang di kembangkan dengan masalah atau kebutuhan yang ada di aplikasinya di antaranya yaitu kosakata dengan berbagai kategori, materi yang terus terupdate sesuai kelassnya masing-masing, ujian di tiap semester dan quiz untuk mengasah otak para siswa untuk bisa belajar lebih giat lagi.

Sedikit Screenshot dari aplikasi yang akan ada dan yang masih di kembangkan saat ini :

manfaat yang di dapat oleh pihak lembaga yaitu lembaga akan mempunyai data eletronik di antaranya bank data siswa, nilai siswa, bank data materi, data soal ujian dan lain sebagainya. Sedangkan untuk siswa maka mereka akan lebih mudah mencari kokasata yang mereka inginkan ketimbang selalu menggunaka versi lama yaitu mencari dalam kamus buku yang mana mereka harus sangat teliti dalam melihat kata yang mereka cari dan mohon maaf mungkin mereka harus melotot dalam mencarinya. Kemudian yang kedua untuk siswa yaitu mereka bisa mempelajari meteri yang di sampaikan oleh gurunya di setiap pertemuan dengan menggunakan handphone androidnya.

Terimakasih.