• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Apa itu point of sale?

Point of Sale (POS) adalah tempat dimana pelanggan membayar barang atau jasa dan dapat membayar pajak penjualan. Ini dapat dilakukan di toko fisik, di mana terminal dan sistem POS digunakan untuk memproses pembayaran kartu atau tempat penjualan virtual, seperti komputer atau perangkat elektronik seluler.

Padahal, POS biasanya digunakan untuk membantu pengelola bisnis atau pemilik bisnis mempermudah transaksi dengan pelanggan. Fungsi POS meliputi keamanan transaksi dan data persediaan barang.

Awalnya POS adalah mesin kasir atau biasa disebut kasir, mesin yang mirip dengan kalkulator, dilengkapi dengan uang dan bukti pembelian (struk) atau pencetak faktur. Namun karena perkembangan teknologi yang terus menerus, fungsi mesin kasir tidak lagi memenuhi kebutuhan perusahaan yang membutuhkan laporan laba rugi yang rinci, persediaan barang dan kebutuhan custom lainnya. Dari sana, POS menebus kekurangan ini.

Pada dasarnya, sistem perangkat lunak POS elektronik menyederhanakan operasi ritel dengan mengotomatiskan proses transaksi dan melacak data penjualan utama. Sistem dasar mencakup mesin kasir elektronik dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengoordinasikan data yang dikumpulkan dari pembelian sehari-hari.

Dengan POS, pengecer dapat meningkatkan fungsionalitas mereka dengan memasang jaringan perangkat pembaca data, termasuk pembaca kartu dan pemindai kode barcode.