Dulu, para pelaut melakukan navigasi dilakukan dengan berpatokan pada tanda-tanda alam seperti posisi bintang di langit. Peta harus dibaca secara manual. Itupun tidak bisa serta merta menentukan di mana posisi saat ini.

Di era digital, kehadiran GPS alias Global Positioning System membuat proses navigasi jadi jauh lebih mudah. Pengguna gadget bisa langsung menentukan lokasinya secara instan dan akurat.

Kemampuan GPS dalam menentukan lokasi banyak diaplikasikan dalam berbagai hal, mulai dari software navigasi, olahraga, ride sharing, hingga bermain game dengan augmented reality.

Di balik kepraktisan GPS terdapat teknologi canggih berbasis konstelasisatelit. Wahana-wahana antariksa inilah yang membantu gadgetdalam menentukan posisinya di muka bumi.

Sistem GPS terdiri dari tiga bagian, yakni satelit di angkasa, stasiun pengendali di bumi, dan receiver alias perangkat penerima sinyal satelityang berada di tangan pengguna, seperti misalnya smartphone atau arloji pintar.

Seperti apa contohnya? Simak contoh aplikasi dibawah ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gambar diatas adalah contoh aplikasi yang menggunakan fitur GPS. Kita bisa tau dimana posisi kita berada dengan mengaktifkan fitur GPS di smartphone kita. Maka akan otomatis aplkasi tersebut menampilkan posisi kita berada dimana.