• Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hallo semua,, pada postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit tips fotografi. Ada banyak sekali teknik fotografi yang bisa kita pelajari, tentu semua sangat menarik apalagi bagi kalain yang hobi sekali dengan photography. Ok,, berhubung Ini merupakan tutorial pertama saya di steemit,, saya akan berbagi teknik sederhana yaitu Light Painting photography tentunya ala saya sendiri, hehehe

Apakah itu light painting photography ?

Light painting photography adalah salah satu teknik fotografi dengan memanfaatkan shutter speed lambat untuk merekam jejak cahaya hingga meyerupai sebuah bentuk yang kita inginkan.

Alat- alat yang di butuhkan

1. Kamera
Gunakan kamera dengan setting manual exposure, kamu bisa gunakan kamera DSLR, Mirrorless atau Kamera poket.
2. Tripod
Gunakan tripod agar hasil foto tidak goyang, Tripod sangat membantu untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Langkah-langkah Light Painting

1. Setting Kamera di Mode Manual Exposure
Mode manual bertujuan supaya kita dapat dengan bebas mengatur Shutter speed dan Aperture sesuai keinginan kita.

2. Atur Shutter Speed lambat
Atur shutter speed kameramu pada 10-30 detik, sesuaikan dengan gambar yang ingin kalian buat. Jika kalian ingin melukis pola yang lebih rumit gunakan shutter speed yang lebih lama. Keberhasilan Light Painting sanggat ditentukan pada settingan shutter speed ini.

Jika shutter speed yang dibutuhkan lebih dari 30 detik, kalian bisa gunakan mode Bulb. Perlu di ingat, semakin lama shutter speed yang di gunakan maka foto yang di hasilkan akan semakin terang.

3. Atur Aperture
Aperture merupakan bukaan diafragma pada lensa, supaya foto yang dihasilkan lebih tajam gunakan f/ dengan angka yang lebih besar maka bukaan lensa akan semakin kecil. Kalian bisa gunakan bukaan f/8-f/11 untuk Light Painting.

4. Atur ISO rendah
Gunakan ISO 100 supaya kualitas foto bagus dan tidak terdapat noise.

5. Atur Timer
Atur Timer supaya kamera tidak goyang saat akan memotrer. Kamu bisa set timer pada 2 detik atau lebih.