Light painting merupakan salah satu cara menghasilkan foto dengan adanya goresan cantik menggunakan cahaya. Light painting memanfaatkan kondisi gelap agar menciptakan hasil yang terlihat tajam. Menggunakan teknik long exposure dengan shutter speeds yang lambat dalam kamera dapat membuat fotografer menciptakan foto yang unik, salah satunya foto dengan light painting ini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest
pelangi sebagai latar belakang

Light painting dapat dilakukan di tempat yang gelap, terutama pada malam hari (jika tidak berada di studio). Teknik fotografi ini menggunakan gerakan cahaya sebagai salah satu elemen yang membuat hasil foto lebih menarik. Biasanya, apabila ingin foto dengan teknik ini, gunakan manual mode pada kamera anda sehingga dapat diatur sedemikian rupa.

Pada kamera, ada beberapa pengaturan yang diatur secara manual untuk menciptakan foto dengan light painting. Salah satu hal penting yaitu tripod untuk menempatkan kamera di satu titik tertentu tanpa bergerak-gerak (konsisten). Kemudian, atur kamera dengan shutter speed lambat, yaitu sekitar 10-30 detik. Atur aperture pada kamera dengan bukaan f/4-f/11, karena semakin kecil aperture, maka hasil gambar akan lebih tajam. Selanjutnya, atur ISO sekitar 100-200, karena kita akan memotret di tempat yang gelap, maka ISO 100-200 digunakan dengan tujuan mengurangi noise yang tercipta. Kamera siap digunakan untuk light painting, dan nikmati hasilnya.